STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PADA MASYARAKAT DALAM MEMPEROLEH PERIZINAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR INTERNET SERVICE PROVIDER

PUTRA, GEDE ALDI LEGAWA (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PADA MASYARAKAT DALAM MEMPEROLEH PERIZINAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR INTERNET SERVICE PROVIDER. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Technology is related to communication channels. One of them is the emergence of the internet, a major innovation that can provide convenience facilities for its users. Infrastructure development needs to be done because it can drive the progress of a country towards a better direction. Thus, for infrastructure development, permission from the community is needed. Therefore, the role of communication from the licensing team of PT. Linknet, Tbk. The purpose of this study is to understand how the Company carries out persuasive communication techniques so that the ISP (Internet Service Provider) Company gets permission from the Community to build its infrastructure network. Researchers use the case study method in examining the strategy of relationships between companies and communities. revealed that case studies are one of a number of research methods in the field of social sciences. From the results of the implementation of Communication Techniques carried out by PT. Linknet, Tbk which uses Association Techniques, Integration Techniques, Reward Techniques / Pay-Off, Order Techniques and Red Herring Techniques, the community will be more open and will give permission to build Internet Infrastructure. By utilizing these findings, PT Linknet, Tbk can design and implement effective communication strategies, increase community engagement, and gain the necessary support for internet infrastructure development. Community engagement and transparency of commitment in internet infrastructure development have been shown to have a significant impact on project success, according to findings from various studies. PT Linknet, Tbk shows that this approach not only increases community support but also reduces additional risks and costs, increases project efficiency, and ensures positive social and environmental impacts. Keywords : Strategy, Persuasive Communication Teknologi berhubungan dengan saluran komunikasi. Salah satunya yaitu kemunculan internet merupakan inovasi besar yang mampu memberikan fasilitas kemudahan bagi penggunanya. Pembangunan infrastruktur perlu dilakukan karena mampu mendorong kemajuan suatu negara ke arah yang lebih baik. Demikian untuk pembangunan infrastruktur perlu izin dari masyarakat. Maka dari itu peran komunikasi dari tim perizinan PT. Linknet ,Tbk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana Perusahaan melakukan teknik komunikasi persuasif agar Perusahaan ISP ( Internet Service Provider ) mendapat izin dari Masyarakat untuk membangun jaringan infrastrukturnya. Peneliti menggunakan metode studi kasus dalam meneliti strategi hubungan antara perusahaan dengan komunitas. mengungkapkan bahwa studi kasus adalah salah satu dari sejumlah metode penelitian di bidang ilmu sosial. Dari hasil pelaksanaan Teknik Komunikasi yang dilakukan oleh PT. Linknet ,Tbk yang menggunakan Teknik Asosiasi, Teknik Intergrasi, Teknik Ganjaran/ Pay-Off, Teknik Tatanan dan Teknik Red Herring masyarakat akan lebih terbuka dan akan memberikan izin pembangunan Infrastruktur Internet. Dengan memanfaatkan temuan-temuan ini, PT Linknet, Tbk dapat merancang dan melaksanakan strategi komunikasi yang efektif, meningkatkan keterlibatan masyarakat, dan memperoleh dukungan yang diperlukan untuk pembangunan infrastruktur internet. Keterlibatan komunitas dan transparansi komitmen dalam pembangunan infrastruktur internet terbukti memiliki dampak yang signifikan terhadap keberhasilan proyek, sesuai dengan temuan dari berbagai penelitian. PT Linknet, Tbk menunjukkan bahwa pendekatan ini tidak hanya meningkatkan dukungan masyarakat tetapi juga mengurangi risiko dan biaya tambahan, meningkatkan efisiensi proyek, serta memastikan dampak sosial dan lingkungan yang positif. Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Persuasif

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 24 042
NIM/NIDN Creators: 55221110012
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Persuasif
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.6 Communication Psychology/Psikologi Komunikasi > 153.69 Nonverbal Communication/Komunikasi Nonverbal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.22 Kinds of Communication/Jenis-jenis Komunikasi > 302.224 Verbal Communication/Komunikasi Verbal
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 05 Oct 2024 07:42
Last Modified: 05 Oct 2024 07:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92242

Actions (login required)

View Item View Item