QURANI, AULIYA NURUL (2024) IMITASI BUDAYA POPULER PADA PERILAKU SOSIAL GENERASI Z. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (938kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
||
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
||
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
||
Text (BAB V)
06 bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
Abstract
Nowadays, there are a lot of Generation Z who follow a westernized lifestyle, and the most common is the Kpop community or usually called the Kpop fandom. Fandom (Fans kingdom) which can be interpreted as a group of people connected through a common interest in an object. This research is focused on how Generation Z follows Korean culture, especially Kpop, and tries to imitate Korean culture. The existence of the K-Pop phenomenon is one part of the Korean wave. The Korean Wave (Hallyu) refers to music (K-Pop), drama (K-Drama), fashion and culinary films that have spread throughout the world since the late 1990s. This explains the development of K-Pop fans, with a lot of enthusiasm, then formed into a large group that can be called the fandom. This research is a phenomenological study using qualitative research methods and uses Albert Bandura's Social Cognitive theory and discusses popular culture, social behavior, and imitation. The subjects in this study are generation Z who follow Kpop culture specifically. Data collection was done through interviews. The results of this study are discussions that have been carried out with very diverse research. Because Motive and In Order Motive in this study include mindset, habits and also how to dress to social interaction, this shows that popular culture is not only entertainment but also as an inspiration and role model for generation z in everyday life. Keywords: Phenomenology, Generation Z, Cultural imitation, Kpop Community Pada zaman sekarang banyak sekali Generasi Z yang mengikuti gaya hidup kebarat-baratan, dan yang paling sering ditemui yaitu komunitas Kpop atau biasanya disebut fandom Kpop. Fandom (Fans kingdom) yang dapat diartikan sekelompok orang yang terhubung melalui minat yang sama terhadap sebuah objek. Penelitian ini difokuskan bagaimana pada generasi Z yang mengikuti budaya korea khususnya Kpop dan berusaha untuk meniru mengenai budaya korea tersebut. Adanya fenomena K-Pop merupakan salah satu bagian dari gelombang Korea. Gelombang Korea (Korean Wave atau Hallyu) merujuk pada music (KPop), drama (K-Drama), film fashion dan kuliner yang telah menyebar ke seluruh dunia sejak akhir 1990-an. Hal inilah yang menjelaskan tentang perkembangan penggemar K-Pop, dengan banyaknya antusias yang ada, kemudian terbentuklah menjadi sebuah kelompok besar yang bisa disebut dengan sebutan fandom tersebut. Penelitian ini merupakan kajian fenomenologi dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teori Kognitif Sosial Albert Bandura dan membahas mengenai, budaya popular, perilaku sosial, dan imitasi. Subjek dalam penelitian ini merupakan generasi Z yang mengikuti Budaya Kpop secara spesifik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Hasil dari penelitian ini pembahasan yang telah dilakukan dengan penelitian yang sangat beragam. Because Motive dan In Order Motive dalam penelitian ini yaitu mencakup pola pikir, kebiasaan dan juga cara berpakaian hingga interaksi sosial, hal ini menunjukan bahwa budaya populer tidak hanya menjadi hiburan tetapi juga sebagai insiprasi dan role model para generasi z dalam kehidupan seharihari Generasi Z, Imitasi budaya, Komunitas Kpop
Actions (login required)
View Item |