FADLI, AHMAD (2024) MAKNA NAGA DAN BARUNA PADA IKLAN SIRUP MARJAN VERSI “BARUNA SANG PENJAGA SAMUDERA”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
01 cover.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 abstrak.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
03 bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
Text (BAB 2)
04 bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text (BAB 3)
05 bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text (BAB 4)
06 bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
||
Text (BAB 5)
07 bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
Abstract
Iklan produk merupakan proses bauran pemasaran. Komunikasi itu adalah proses konstruksi makna. Iklan Marjan yang terbaru pada tahun 2023 mengangkat tema ”Baruna Sang Penjaga Samudera”. Terdapat visualisasi naga pada iklan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna naga pada iklan sirup Marjan versi ”Baruna Sang Penjaga Samudera”. Peneliti menggunakan Teori semiotika Pierce untuk menganalisis tandatanda yang muncul dalam iklan Sirup Marjan ”Baruna Sang Penjaga Samudera”. Adapun paradigma penelitian ini adalah konstruktivisme dengan metode kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah teori semiotika Charles Sanders Pierce. Pengumpulan data primer menggunakan observasi isi iklan ditambah data sekunder adalah kepustakaan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa simbol naga pada iklan sirup marjan menyampaikan pesan tentang bencana alam yang diakibatkan dari perilaku manusia yamg mencemari lingkungan, perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial. Naga dalam iklan ini merupakan makhluk mitologi. Naga digambarkan sebagai bencana pada saat semakin banyaknya perilaku manusia membuang sampah di laut atau lingkungan laut tercemar. Iklan ini menggabungkan elemen visual dan naratif untuk menyampaikan pesan secara efektif kepada penonton.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44320010065 |
Uncontrolled Keywords: | makna, naga, iklan, Marjan, semiotika |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 04:35 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 04:35 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91328 |
Actions (login required)
View Item |