KARAKTERISTIK KONTEN BEAUTY INFLUENCER DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT RATE PADA AKUN INSTAGRAM @ABELLYC

Sari, Nila Kartika (2024) KARAKTERISTIK KONTEN BEAUTY INFLUENCER DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT RATE PADA AKUN INSTAGRAM @ABELLYC. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (COVER)
44520010058-Nila Kartika Sari-01 COVER - Nila Kartika.pdf

Download (446kB)
[img] Text (ABSTRAK)
44520010058-Nila Kartika Sari-02 ABSTRAK - Nila Kartika.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB I)
44520010058-Nila Kartika Sari-03 BAB I - Nila Kartika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB II)
44520010058-Nila Kartika Sari-04 BAB II - Nila Kartika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB III)
44520010058-Nila Kartika Sari-05 BAB III - Nila Kartika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (BAB IV)
44520010058-Nila Kartika Sari-06 BAB IV - Nila Kartika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
44520010058-Nila Kartika Sari-07 BAB V - Nila Kartika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44520010058-Nila Kartika Sari-08 DAFTAR PUSTAKA - Nila Kartika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44520010058-Nila Kartika Sari-09 LAMPIRAN - Nila Kartika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text (LEMBAR KEABSAHAN)
NILA KARTIKA SARI 44520010058 DIGICOM - Nila Kartika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)

Abstract

Media baru atau new media kini semakin tak terpisahkan dari kehidupan manusia sehari – hari salah satunya adalah media sosial. Media sosial sebagai alat komunikasi digital digunakan untuk mencari dan mendapatkan informasi melalui berbagai macam jenis platform, salah satunya adalah media sosial Instagram. Penelitian ini berjudul “ Karakteristik Konten Beauty Influencer Dalam Meningkatkan Engagement Rate Pada Akun Instagram @Abellyc “ Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, dengan metode penelitian studi kasus dokumentasi. Subjek penelitian ini yakni seorang Beauty Influencer Abel Cantika atau @Abellyc. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Data Kualitatatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konten Beauty Influencer Abel Cantika memiliki 3 dari 7 karakteristik konten yang harus dimiliki oleh seorang kreator yaitu daya tarik visual tinggi, dapat mengubah persepsi, dan gaya bercerita yang menciptakan suatu konteks dan pesan yang dikemas oleh Abel Cantika juga menerapkan komunikasi nonverbal menurut Jalaludin Rachmat yaitu pesan fasial dan pesan gestural yang membuat pengikutnya dapat memahami pesan yang disampaikan oleh kreator di setiap kontennya. Engagement Rate yang ada pada akun Instagram @Abellyc juga memiliki persentasi 2,2% yang dimana hal tersebut dapat disimpulkan bahwasannya UX yang dimiliki kreator stabil atau berada pada rata – rata normal. New media or new media is now increasingly inseparable from everyday human life, one of which is social media. Social media as a digital communication tool is used to search for and obtain information through various types of platforms, one of which is Instagram social media. This research is entitled "Characteristics of Beauty Influencer Content in Increasing Engagement Rates on @Abellyc Instagram Account “ This research uses a constructivism paradigm, with a documentary case study research method. The subject of this research is Beauty Influencer Abel Cantika or @Abellyc. The data collection used is observation, documentation and literature study. The data analysis technique used in this research is Qualitative Data Analysis. The results of the research show that the content characteristics of Beauty Influencer Abel Cantika have 3 of the 7 content characteristics that a creator must have, namely high visual appeal, being able to change perceptions, and a storytelling style that creates a context and message that Abel Cantika packages as well as using nonverbal communication. according to Jalaludin Rachmat, namely facial messages and gestural messages that enable followers to understand the message conveyed by the creator in each content. The Engagement Rate on the @Abellyc Instagram account also has a percentage of 2.2%, which can be concluded that the creator's UX is stable or on a normal average.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44520010058
Uncontrolled Keywords: Studi Kasus, Instagram, Media Sosial, @Abellyc, Beauty Influencer Case Study, Instagram, Social Media, @Abellyc, Beauty Influencer
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: SILMI KAFFA MARISKA
Date Deposited: 10 Aug 2024 04:18
Last Modified: 10 Aug 2024 04:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90138

Actions (login required)

View Item View Item