KEMASAN BERITA MEDIA MASSA ONLINE GAPEKA 2023 KAI COMMUTER (Analisis Isi Tone Pemberitaan GAPEKA 2023 KAI Commuter melalui Monitoring Media Massa Online Periode Mei - Juni 2023)

ALFADHILAH, RUSYDA LIVYA (2024) KEMASAN BERITA MEDIA MASSA ONLINE GAPEKA 2023 KAI COMMUTER (Analisis Isi Tone Pemberitaan GAPEKA 2023 KAI Commuter melalui Monitoring Media Massa Online Periode Mei - Juni 2023). S1 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.

[img] Text (Cover)
44220010207 - Rusyda Livya Alfadhilah - 01 Cover - Rusyda Livya.pdf

Download (425kB)
[img] Text (Abstrak)
44220010207 - Rusyda Livya Alfadhilah - 02 Abstrak - Rusyda Livya.pdf

Download (38kB)
[img] Text (Bab 1)
44220010207 - Rusyda Livya Alfadhilah - 03 Bab 1 - Rusyda Livya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (Bab 2)
44220010207 - Rusyda Livya Alfadhilah - 04 Bab 2 - Rusyda Livya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (Bab 3)
44220010207 - Rusyda Livya Alfadhilah - 05 Bab 3 - Rusyda Livya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (Bab 4)
44220010207 - Rusyda Livya Alfadhilah - 06 Bab 4 - Rusyda Livya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (Bab 5)
44220010207 - Rusyda Livya Alfadhilah - 07 Bab 5 - Rusyda Livya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
44220010207 - Rusyda Livya Alfadhilah - 08 Daftar Pustaka - Rusyda Livya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (Lampiran)
44220010207 - Rusyda Livya Alfadhilah - 09 Lampiran - Rusyda Livya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (Lembar Keabsahan)
44220010207 - Rusyda Livya Alfadhilah - 10 Lembar Keabsahan - Rusyda Livya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)

Abstract

Media massa online digunakan sebagai media yang dapat memberitakan informasi tentang perusahaan, terutama ketika diberlakukan kebijakan terbaru. Salah satu BUMN di Indonesia yaitu KAI Commuter memberlakukan kebijakan baru Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) pada bulan Juni 2023. KAI Commuter mempublikasikan press release mengenai GAPEKA 2023 sebagai bentuk aktivitas komunikasinya kepada publik. Kebijakan terbaru GAPEKA ini sangat berpengaruh terhadap masyarakat, sehingga menimbulkan pemberitaan yang bermacam di media massa online. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis berita dalam media massa online tersebut untuk mengetahui kecenderungan tone pemberitaan GAPEKA 2023 melalui Media Monitoring. Penelitian menggunakan konsep media monitoring yaitu tone pemberitaan yang dikategorisasikan menjadi judul, narasumber, kutipan narasumber, lead/teras berita dan angle berita dengan indikator solutif, netral dan kritis. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis isi kuantitatif dengan paradigma positivisme. Unit analisis penelitian ini adalah isi berita dengan operasionalisasi konsep menggunakan kategorisasi dan indikator tone. Teknik penarikan sampel menggunakan metode total sampling dari keseluruhan populasi sebanyak 35 berita. Kemudian diuji validitas dan reliabilitas menggunakan antara coder dengan rumus Holsti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tone pemberitaan yang cenderung muncul dalam pemberitaan tentang kebijakan baru GAPEKA 2023 KAI Commuter adalah tone pemberitaan solutif. Pada kategori judul solutif ditemukan sebesar 54%, kategori narasumber sebesar 94%, kategori kutipan narasumber sebesar 94%, kategori lead/teras berita sebesar 43%, dan kategori angle berita sebesar 88%. Media monitoring yang dilakukan terhadap pemberitaan GAPEKA 2023 menunjukkan tone pemberitaan positif, terbentuk karena isi keseluruhan berita diberitakan dari sudut pandang yang positif dan media massa online paling banyak menggunakan press release yang dipublikasikan oleh KAI Commuter melalui situs resminya sebagai sumber referensi utama. Online mass media is currently used as a medium that can report various kinds of information about companies, especially when the latest policies are being implemented. One of the BUMNs in Indonesia, namely KAI Commuter, implemented a new Train Travel Graphics (GAPEKA) policy in June 2023. KAI Commuter published a press release regarding GAPEKA 2023 as a form of communication activity to the public. GAPEKA's latest policy has a big impact on people's daily lives, giving rise to various reports in online mass media. The aim of this research is to analyze news in online mass media to determine trends in the tone of GAPEKA 2023 reporting through Media Monitoring. The research uses the concept of media monitoring theory, namely the tone of the news which is categorized into title, source, source quote, news lead/core and news angle with solution, neutral and critical indicators. The research method used is quantitative content analysis with a positivism paradigm. The sampling technique uses a total sampling method from the entire population of 35 news items. Then the validity and reliability were tested using a coder with the Holsti formula. The research results show that the reporting tone that tends to appear in news about KAI Commuter's new GAPEKA 2023 policy is a solution reporting tone. In the solution title category, it was found at 54%, in the source category at 94%, in the source quote category at 94%, in the lead/news core category at 43%, and in the news angle category at 88%. Media monitoring carried out on GAPEKA 2023 reporting shows a positive reporting tone, formed because the overall content of the news is reported from a positive perspective, and the online mass media mostly uses press releases published by KAI Commuter via its official website as the main reference source.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44220010207
Uncontrolled Keywords: public relations, press release, media monitoring, tone pemberitaan, media massa online public relations, press releases, media monitoring, news tone, online mass media
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ANISA DESI SAFITRI
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:27
Last Modified: 08 Aug 2024 07:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90092

Actions (login required)

View Item View Item