ANALISIS RESEPSI GENERASI Z TERHADAP KONTEN EDUKASI DARING PADA AKUN TIKTOK @VINAMULIANA

Tiara, Priskila (2024) ANALISIS RESEPSI GENERASI Z TERHADAP KONTEN EDUKASI DARING PADA AKUN TIKTOK @VINAMULIANA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (COVER)
44520010051-Priskila Tiara-01 Cover - Priskila Tiara.pdf

Download (383kB)
[img] Text (ABSTRAK)
44520010051-Priskila Tiara-02 Abstrak - Priskila Tiara.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB I)
44520010051-Priskila Tiara-03 Bab 1 - Priskila Tiara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
44520010051-Priskila Tiara-04 Bab 2 - Priskila Tiara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB III)
44520010051-Priskila Tiara-05 Bab 3 - Priskila Tiara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB IV)
44520010051-Priskila Tiara-06 Bab 4 - Priskila Tiara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text (BAB V)
44520010051-Priskila Tiara-07 Bab 5 - Priskila Tiara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44520010051-Priskila Tiara-09 Daftar Pustaka - Priskila Tiara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44520010051-Priskila Tiara-10 Lampiran - Priskila Tiara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (LEMBAR KEABSAHAN)
44520010051-Priskila Tiara-11 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Priskila Tiara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini menimbulkan perkembangan komunikasi yang terjadi di masyarakat, khususnya generasi Z, dimana generasi Z adalah generasi yang sangat bergantung pada perkembangan teknologi dalam melakukan komunikasi hingga mendapatkan edukasi daring salah satunya melalui media sosial TikTok @vinamuliana. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis resepsi generasi Z terhadap konten edukasi daring pada akun TikTok @vinamuliana Penelitian ini menggunakan teori resepsi Stuart Hall, teori yang memfokuskan pada penerimaan oleh khalayak melalui decoding atau pemaknaan pesan yang disampaikan oleh media dengan tiga posisi penerimaan khalayak yaitu posisi dominan, posisi negosiasi, dan posisi oposisi. Paradigma penelitian ini menggunakan konstruktivisme dengan pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan metode analisis resepsi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dengan sembilan orang informan sebagai data primer dan menggunakan dokumentasi, serta tinjauan literatur sebagai data sekunder. Hasil penelitian melalui wawancara mendalam dengan Sembilan informan menunjukkan, ditemukan dua kategori yang muncul dari informan (khalayak) dalam memaknai konten edukasi daring pada akun TikTok @vinamuliana, yaitu kategori dominan dan negosiasi dengan dominasi posisi khalayak berada pada kategori dominan, dimana khalayak menerima dan memahami dengan baik konten edukasi daring pada TikTok Vina Muliana. Current technological developments have given rise to communication developments in society, especially Generation Z, a generation that is very dependent on technological developments in communicating and getting an online education, one of which is through the social media TikTok @vinamuliana. This research analyzes Generation Z's reception of online educational content on the TikTok account @vinamuliana. This research uses Stuart Hall's reception theory, which focuses on audience reception through decoding or meaning of messages the media conveys. There are three positions of audience reception: dominant, negotiation, and opposition. This research paradigm uses constructivism with a qualitative research approach and a reception analysis method. This research's data collection technique uses in-depth interviews with nine informants as primary data and uses documentation and literature reviews as secondary data. The results of research through in-depth interviews with nine informants showed that two categories emerged from the informants (audience) in interpreting online educational content on the @vinamuliana TikTok account, namely the dominant category and negotiation with the dominant position of the audience being in the dominant category, where the audience accepts and understands good online educational content on Vina Muliana's TikTok.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44520010051
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Generasi Z, Konten Edukasi Daring, TikTok, Vina Muliana Reception Analysis, Generation Z, Online Educational Content, TikTok, Vina Muliana
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: SILMI KAFFA MARISKA
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:03
Last Modified: 07 Aug 2024 03:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90060

Actions (login required)

View Item View Item