AKTIVITAS PUBLIKASI INFORMASI PUBLIK MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Biro Humas Dan Direktorat Jendral Informasi Dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kominfo Periode September-November Tahun 2016)

RIZKYTA, ANNISA (2017) AKTIVITAS PUBLIKASI INFORMASI PUBLIK MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Biro Humas Dan Direktorat Jendral Informasi Dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kominfo Periode September-November Tahun 2016). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HAL COVER.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)

Abstract

Media sosial merupakan media yang mewadahi kerja sama di antara pengguna yang menghasilkan konten (user-generated content). Media sosial juga bisa menjadi media komunikasi yang dapat menjangkau publik tersebar keberadaanya dan berbeda kepentinganya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tahapan aktivitas publikasi yang dilakukan oleh Biro Humas dan Ditjen IKP Kominfo. Adapun yang menjadi identifikasi masalah penelitian ini adalah bagaimana latar belakang pembuatan, pembentukan tim, pembagian kerja, pemilahan pesan, kendala dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa aktivitas publikasi yang dilakukan Biro Humas dan Ditjen IKP Kominfo melalui media sosial menggunakan proses kerja humas yaitu mendefinisikan masalah, perencanaan dan program, aksi dan komunikasi, dan evaluasi. Dalam mengimplementasikan aktivitas publikasi yaitu me-posting seluruh program dan kebijakan melalui empat media sosial yaitu Facebook, Twitter, Instagram, danYoutube. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam melaksanakan aktivitas publikasi informasi, tahap proses kerja humas adalah hal yang penting untuk dipersiapkan dan diorganisasikan dengan pihak internal yang mampu bekerjasama dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 100
NIM/NIDN Creators: 44213010036
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Publikasi Informasi Publik Melalui Sosial Media
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 303 Social Process/Proses Sosial > 303.3 Coordination and Control/Koordinasi dan Kontrol > 303.38 Public Opinion/Opini Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ANANDA NADIRA PUTRI
Date Deposited: 20 Jul 2024 03:03
Last Modified: 20 Jul 2024 03:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/89674

Actions (login required)

View Item View Item