PEMAKNAAN TAGLINE END BAD GIFTS. TIME TO PICK THE PERFECT GIFT DALAM IKLAN ASUS PERIODE 2015 DI YOUTUBE

TIHAR, MAULANA (2017) PEMAKNAAN TAGLINE END BAD GIFTS. TIME TO PICK THE PERFECT GIFT DALAM IKLAN ASUS PERIODE 2015 DI YOUTUBE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB II)
04.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (BAB III)
05.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB IV)
06.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)

Abstract

Iklan berusaha mengkonstruksi suatu tampilan-tampilan yang dekat dengan kesadaran budaya pada konsumen. Dengan menggunakan sejumlah tekhnik manipulasi sehingga terkonstruksi suatu realitas tertentu. Paradigma konstruktif merupakan paradigma yang memiliki asumsi bahwa sebuah realitas tidak terbentuk secara ilmiah tapi dibentuk dan dikonstruksi Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konstruksi realitas hadiah yang buruk dengan hadiah yang sempurna dalam iklan ASUS versi ‘End Bad Gift” di youtube periode 2015, dengan cara mengidentifikasi tanda-tanda yang terdapat dalam iklan tersebut. Charles Sander Peirce (1893-1914) membagi tanda dan cara kerjanya kedalam tiga kategori yaitu: Ikon, Indeks, Simbol. Meski begitu dalam praktiknya, tidak dapat dilakukan secara ‘mutually exclusive’ sebab dalam konteks-konteks tertentu ikon dapat menjadi simbol. Banyak simbol yang berupa ikon. Disamping menjadi indeks, sebuah tanda sekaligus juga berfungsi sebagai simbol. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode semiotika Charels Sanders Peirce untuk mengungkap makna dibalik tanda-tanda dalam iklan. Data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Selain itu, semua yang dikumpulkan kemungkinan menjadi kunci terhadap apa yang akan diteliti. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa produsen dalam dunia teknologi ASUS ingin mengkomunikasikan kepada audience bahwa dalam memperrtahankan hubungan dengan orang yang dicintai tidak jarang akan rusak hanya karena kesalahan dalam memberikan hadiah. Orang tercinta sering merasa kecewa dan marah yang ditunjukkan melalui ekspresi-ekspresi muka kesal dan atau marah. Demi menjaga hubungan tetap baik maka sikap menghargai perlu dimiliki setiap orang terutama wanita dalam menerima hadiah dan memilih hadiah yang sempurna, dengan memilih produk-produk dari ASUS.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 17 081
NIM/NIDN Creators: 44313010035
Uncontrolled Keywords: Iklan, ASUS
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: NAJLA
Date Deposited: 07 May 2024 06:34
Last Modified: 07 May 2024 06:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88560

Actions (login required)

View Item View Item