DANNA, SURYA (2021) PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PERSONAL BRANDING CONTENT CREATOR GENERASI Z. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (677kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
TikTok yang awalnya memiliki citra buruk di masyarakat kini telah berubah menjadi jejaring sosial yang digandrungi hingga dimanfaatkan sebagai media personal branding oleh masyarakat khususnya bagi content creator generasi Z seperti @dolan.aja @irmasptan @albatross_ex dan @novalsalim. Bagaimana dan apa yang menyebabkan content creator generasi Z memanfaatkan aplikasi TikTok menjadi menarik untuk diteliti demi menjelaskan bagaimana pembentukan personal branding melalui pemanfaatan aplikasi TikTok itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, menjelaskan, serta mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media personal branding content creator generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan didukung oleh data primer lainnya yang diperoleh melalui wawancara mendalam dan dokumentasi berupa kata-kata serta kumpulan gambar dengan subjek penelitian. Hasil peneilitian ini menunjukkan bahwasanya content creator generasi Z memanfaatkan aplikasi TikTok sebagai media personal branding melalui penyebaran konten-konten yang mereka buat sesuai ciri khasnya masing-masing. Bentuk komunikasi yang dilakukan oleh content creator melalu konten yang mereka buat dikategorikan sebagai komunikasi visual dengan tetap menggunakan baik komunikasi verbal maupun non verbal. Ketertarikan content creator generasi Z menggunakan TikTok dikarenakan TikTok memiliki sifat yang mudah dalam penyebaran konten tanpa memandang jumlah pengikut. Pembentukan personal brand content creator pun sesuai dengan konsep yang dikemukakan oleh Montoya dan Vandehey dimana harus memiliki point spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, kenampakan, kesatuan, keteguhan, serta nama baik. Kata Kunci : Personal Branding, Content Creator, Generasi Z, TikTok.
Actions (login required)
View Item |