PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PRAMBORS TERHADAP MINAT DENGAR RADIO DI MASYARAKAT (Survei pada Remaja di Jakarta Selatan)

RIZQI, AMANNA AGHNIA (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PRAMBORS TERHADAP MINAT DENGAR RADIO DI MASYARAKAT (Survei pada Remaja di Jakarta Selatan). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 Cover.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)

Abstract

Public Relations dalam sebuah perusahaan sangat berperan penting untuk membangun komunikasi kepada audiensnya. Sebuah perusahaan melakukan pengiriman pesan kepada publiknya melalui berbagai cara seperti dengan menggunakan media sosial. Instagram merupakan media sosial yang saat ini sedang marak menjadi alat publikasi bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan sejauh mana pengaruh penggunaan media sosial Instagram @Prambors terhadap minat dengar radio di masyarakat khususnya remaja di Jakarta Selatan. Pendekatan konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori 4C dari Chris Heuer menjelaskan tentang komponen apa saja yang harus ada dalam setiap penggunaan media sosial agar mudah digunakan serta memenuhi tujuan dari pengguna, dan teori AIDDA yang menjelaskan komunikasi yang efektif tentang bagaimana cara komunikator berusaha untuk membangkitkan kesadaran hingga menimbulkan sebuah tindakan dari komunikan. Dengan pendekatan penelitian kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah followers pada Instagram @Prambors dengan total 400 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan media sosial Instagram @Prambors terhadap minat dengar radio di masyarakat khusunya kalangan remaja berusia 15-24 tahun di Jakarta Selatan. Berdasarkan uji regresi yang telah dilakukan, diperoleh nilai R square sebesar 0.474. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial Instagram @Prambors berpengaruh terhadap minat dengar radio di masyarakat khususnya remaja di Jakarta Selatan sebesar 47,4%. Kata Kunci: Public Relations, Penggunaan Instagram, Minat Dengar Radio, Remaja Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44217010106
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Penggunaan Instagram, Minat Dengar Radio, Remaja Jakarta Selatan.
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
800 Literatures/Kesusastraan > 800. Literatures/Kesusastraan > 801 Philosophy and Theory of Literatures/Filsafat dan Teori Kesusastraan > 801.3 Value, Influence, Effect/Nilai, Pengaruh, Efek
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 27 Nov 2023 08:01
Last Modified: 27 Nov 2023 08:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84358

Actions (login required)

View Item View Item