SALSABILA, FANISA (2021) OPTIMALISASI FUNGSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PLN_ID PT PLN (PERSERO) DALAM MEMBANGUN PUBLIC ENGAGEMENT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (712kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
Abstract
Saat ini banyak sekali praktisi public relations dalam perusahaan yang telah memanfaatkan penggunaan media sosial Instagram sebagai salah satu strategi komunikasinya karena banyak mendatangkan dampak positif bagi perusahaan terutama terkait hubungan dan keterikatannya dengan publik atau public engagement. Namun, belum semua perusahaan yang menggunakan media sosial Instagram mampu mengoptimalkan fungsi media sosial instagramnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi fungsi media sosial instagram @pln_id PT PLN (PERSERO) dalam membangun public engagement. Terdapat tujuh komponen dalam fungsi media sosial yang digambarkan oleh kietzman dalam sebuah kerangka kerja honeycomb. Tujuh komponen itu adalah identity, conversations, sharing, presence, relationship, reputation dan groups. Dalam public engagement terdapat tiga aspek publik yang dibagi oleh Rowe dan Frewer yaitu komunikasi publik, konsultasi publik, dan partisipasi publik. Paradigma dalam penelitian ini adalah konstruktivis, dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data primer menggunakan in-depth interview. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, PT PLN mengoptimalisasi fungsi media sosial Instagramnya dengan cara rutin mengunggah konten, membuat konten berdasarkan pada kebutuhan perusahaan, publik dan hasil evaluasi, memperhatikan behaviour audience dan etika admin instagram. Public engagement dibangun melalui beberapa kegiatan pengelolaan media sosial Instagram seperti mengkomunikasikan identitas perusahaan pada konten, memperhatikan kebutuhan publik, menanggapi dan mengolah keluhan dan komentar, serta membuat konten yang mengundang partisipasi publik. Kata Kunci: Optimalisasi, Media Sosial, Instagram, Humas Online, Public engagement
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44217010001 |
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi, Media Sosial, Instagram, Humas Online, Public engagement |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | CALVIN PRASETYO |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 07:33 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 07:33 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84353 |
Actions (login required)
View Item |