PESAN KAMPANYE PUBLIC RELATIONS DALAM TAYANGAN ANAK DI MEDIA SOSIAL (Analisis Framing Video Seri Cuci Tangan, Yuk! dalam Kanal Youtube Nussa Official)

YUNITA, BIDA (2021) PESAN KAMPANYE PUBLIC RELATIONS DALAM TAYANGAN ANAK DI MEDIA SOSIAL (Analisis Framing Video Seri Cuci Tangan, Yuk! dalam Kanal Youtube Nussa Official). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
01. COVER TUGAS AKHIR - BIDA YUNITA 44216120042.pdf

Download (860kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. BAB 1 TUGAS AKHIR - BIDA YUNITA 44216120042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB 2 TUGAS AKHIR - BIDA YUNITA 44216120042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB 3 TUGAS AKHIR - BIDA YUNITA 44216120042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB 4 TUGAS AKHIR - BIDA YUNITA 44216120042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB 5 TUGAS AKHIR - BIDA YUNITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA TUGAS AKHIR - BIDA YUNITA 44216120042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN TUGAS AKHIR - BIDA YUNITA 44216120042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana penyampaian pesan kampanye public relations dalam video “Cuci Tangan, Yuk!” pada kanal youtube Nussa Official. Secara khusus diarahkan untuk mengungkap pesan yang dikemas dalam kampanye PR lewat konten video animasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Public Relations, dan Kampanye Public Relations sesuai dengan focus dari penelitian. Dimana kampanye ini adalah suatu kegiatan terorganisir yang berusaha untuk menciptakan dampak tertentu bagi khalayak yang dituju dalam kampanye. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigm konstruktivisme untuk memahami dan menginterpretasikan suatu fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis framing model Zhongdang Pan Dan Gerald M. Kosicki merupakan metode yang paling tepat untuk digunakan. peneliti memutuskan menggunakan model analisis framing Pan & Kosicki karena model ini mengoperasionalkan empat dimensi struktural teks berita sebagai perangkat framing yaitu, sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Penelitian ini menampilkan beberapa potongan adegan yang menampilkan kampanye public relations. Hasil yang diperoleh penelitian mengenai pesan kampanye public relations dalam tayangan anak di media social terbukti mempunyai keunggulan agar lebih menarik perhatian anak, iklan gampang diingat dan dapat menjadi faktor diferensiasi dari produk sejenis yang menjadi pesaingnya, pada aspek ini kampanye public relations yang dilakukan oleh lifebuoy bisa dikatakan sangat berhasil. Kata kunci: Kampanye Public Relations, Analisis Framing, Youtube, Nussa Official

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44216120042
Uncontrolled Keywords: Kampanye Public Relations, Analisis Framing, Youtube, Nussa Official
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:18
Last Modified: 27 Nov 2023 07:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84349

Actions (login required)

View Item View Item