AZZAHRA, PUTRI FEBRIANTI (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI MANFAAT, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN E-WALLET TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF MAHASISWA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (43kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
||
Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
||
Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
Abstract
This research aims to analyze the effect of financial literacy, perceived usefulness, and perceived ease of use of e-wallets on the impulsive buying behaviour of Mercu Buana University students. This type of research is quantitative research, with data collection methods using questionnaires through Google Form links and spread digitally to respondents. Theory of Planned Behavior (TPB) and Technology Acceptance Model (TAM) were used in this study. The population in this study was 1138 people. The sample selection method used was simple random sampling with a sample size of 296, and 307 respondents were found in this study. The object of this research is e-wallet user students who are pursuing undergraduate education at University of Mercu Buana Meruya, Faculty of Economics and Business, majoring in accounting, class of 2018-2021. The data analysis method used is the Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) analysis technique using the SmartPLS version 3 software analysis tool. The population in this study were students of University of Mercu Buana Meruya, majoring in accounting class of 2018-2021. Based on the results of the financial literacy, and perceived ease of use have a significant positive effect, while perceived usefulness has no effect on impulsive buying behavior. The limitation of this study is that the coverage is not too broad, where researchers only focus on one location. And for further research, other variables that are outside this study should be added. Keywords : financial literacy, perceived usefulness, perceived ease of use, impulsive buying behaviour Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, persepsi manfaat, dan kemudahan penggunaan dalam penggunaan e-wallet terhadap perilaku pembelian impulsif mahasiswa Universitas Mercu Buana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui tautan google form dan disebarkan secara digital kepada responden. Theory of Planned Behavior (TPB) dan Technology Acceptance Model (TAM) digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1138 orang. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 296, dan didapatkan 307 responden dalam penelitian ini. Objek penelitian ini adalah mahasiswa/i pengguna e-wallet yang sedang menempuh pendidikan S1 Universitas Mercu Buana Meruya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, jurusan akuntansi, angkatan 2018-2021. Metode analisis data yang digunakan yakni teknik analisis Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan alat analisis software SmartPLS versi 3. Yang membedakan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya ialah penelitian ini pada objek penelitian, di mana objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Universitas Mercu Buana Meruya, jurusan akuntansi angkatan 2018-2021. Berdasarkan hasil dari uji literasi keuangan, dan kemudahan penggunaan memiliki pengaruh positif signifikan, sedangkan persepsi manfaat tidak berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini yaitu ruang lingkup yang tidak terlalu luas, di mana peneliti hanya fokus pada satu lokasi saja. Dan untuk penelitian selanjutnya sebaiknya perlu ditambahkan variabel lain yang berada diluar penelitian ini. Kata kunci: Literasi keuangan, persepsi manfaat, kemudahan, perilaku pembelian impulsif
Actions (login required)
View Item |