PERANCANGAN ILUSTRASI DIGITAL “TOKOH WANITA DALAM MASALAH RASISME DAN SEKSISME” DARI BRAND 2MADISON AVENUE

PETRUS, OKKI SUGIHARTO (2021) PERANCANGAN ILUSTRASI DIGITAL “TOKOH WANITA DALAM MASALAH RASISME DAN SEKSISME” DARI BRAND 2MADISON AVENUE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER_REVISI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)

Abstract

“2madison Avenue” is a fashion brand that uses digital illustrations as a media strategy for delivering messages and also as a visual attraction to lift and increase public interest in the development of art and history. The problems that are happening in the community are also often packaged in their entirety in fashion. The design of this digital illustration of "Women's Figures in the Problem of Racism and Sexism" is a medium of communication and campaign that is packaged by visualizing the problems of Racism and Sexism that occur in the community into an illustration by displaying female characters. The female character is adapted from the world's female character with racial differences, and the first woman to do a profession that is not usually done by women, and refers to gender issues in the issue of sexism in society. World figures were chosen in this design because of the widespread problem of racism and sexism covering all regions around the world. It is hoped that this illustrative work can match the intended target to raise public interest in local products, as well as a campaign to raise awareness to the public about differences, and to remind people of existing human values without racism. Keywords : Illustration, Visual, Fashion, Racism, Sexism “2madison Avenue” Adalah brand fashion yang menggunakan ilustrasi digital sebagai strategi media penyampaian pesan dan juga sebagai daya tarik visual untuk mengangkat serta upaya meningkatkan minat masyarakat terhadap perkembangan karya seni dan sejarah. Permasalahan yang sedang terjadi di tengah masyarakat juga sering kali di kemas secara utuh dalam balutan fashion. Perancangan Ilustrasi digital “Tokoh Wanita Dalam Masalah Rasisme dan Seksisme” ini adalah sebagai media komunikasi dan kampanye yang dikemas dengan cara memvisualisasikan masalah Rasisme dan Seksisme yang terjadi di tengah masyarakat menjadi sebuah ilustrasi dengan menampilkan tokoh wanita. Tokoh wanita diadaptasi dari tokoh wanita dunia dengan perbedaan ras, dan wanita pertama yang melakukan profesi yang tidak biasa dilakukan oleh kaum wanita, serta mengacu pada permasalahan gender dalam masalah seksisme pada masyarakat. Tokoh dunia di pilih dalam perancangan ini karena masalah rasisme dan seksisme yang meluas mencakup semua wilayah di seluruh dunia. Diharapkan karya ilustrasi ini dapat sesuai target yang ingin dituju untuk mengangkat minat masyarakat terhadap produk lokal, juga sebagai kampanye untuk memberi kesadaran kepada masyarakat dengan adanya perbedaan, dan mengingatkan kembali nilai-nilai kemanusiaan yang ada tanpa Rasisme. Kata Kunci : Ilustrasi, Visual, Fashion, Rasisme, Seksisme

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 42317010038
Uncontrolled Keywords: Ilustrasi, Visual, Fashion, Rasisme, Seksisme
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.6 Computer Graphics/Komputer Grafis, Grafika Komputer > 006.69 Special Topics in Computer Graphics/Topik Khusus dalam Grafik Komputer > 006.696 Digital Video/Video Digital
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.3 Bibliographies by Specific Forms/Bibliografi dan Katalog dengan Bentuk Khusus > 011.37 Visual and Audio Visual Media/Media Visual dan Audio Visual
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis > 152.1 Sensory Perception/Persepsi Indera > 152.14 Visual Perception/Persepsi Visual
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:52
Last Modified: 26 Jun 2023 03:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/78492

Actions (login required)

View Item View Item