Penerapan Etika Komunikasi di Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Keluarga & Anggota TNI-AU Lanud Halim Perdana Kusuma)

OKTAVIANTI, VIQQI NUR (2023) Penerapan Etika Komunikasi di Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Keluarga & Anggota TNI-AU Lanud Halim Perdana Kusuma). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
44219210070-Viqqi Nur Oktavianti-COVER.OK.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44219210070-VIQQI NUR OKTAVIANTI- ABSTRAK.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
44219210070-Viqqi Nur Oktavianti- BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
44219210070-Viqqi Nur Oktavianti-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
44219210070-Viqqi Nur Oktavianti-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
44219210070-Viqqi Nur Oktavianti- BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
44219210070-Viqqi Nur Oktavianti- BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
44219210070-Viqqi Nur Oktavianti-DAPUS.REV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
44219210070-Viqqi Nur Oktavianti-LAMPIRAN.REV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan etika dalam berkomunikasi tentunya menjadi hal yang sangat penting begitupun dalam bermedia sosial, terutama Instagram yang menjadi media sosial dengan pengguna terbanyak. Peran media sosial, sedikit banyak telah membantu meningkatkan pemahaman tentang informasi kepada masyarakat tentang tuas yang diemban TNI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Etika Komunikasi di Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Keluarga & Anggota TNI-AU Lanud Halim Perdana Kusuma). Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori Thurlow Nettiquete. Menurut Thurlow juga pelanggaran etika media sosial terjadi jika terdapat CopyPaste (Hak Cipta), Cyberbullying (perundungan), Hoax (kebohongan), Illegal Content (isi melawan peraturan), Kejahatan Porografi, Hate Speech,(ujaran kebencian), dan adegan kekerasan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Penelitian studi kasus termasuk dalam penelitian analisis deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan terfokus pada suatu kasus tertentu untuk diamati dan dianalisis secara cermat sampai tuntas. Kasus yang dimaksud bisa berupa tunggal atau jamak, misalnya berupa individu atau kelompok. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan penerapan etika komunikasi di media sosial dalam lingkup TNI-AU terdapat aturan atau etika khusus yang dimana tertuang dalam “Telegram Kasau Nomor T/3/2019 tanggal 23 Januari 2019”. Para informan sudah menerapkan etika komunikasi bermedia sosial dengan baik sesuai dengan aturan tersebut. Kata Kunci : Etika Komunikasi, Media Sosial, Instagram, TNI-AU. ABSTRAK The application of ethics in communication is of course very important as well as in social media, especially Instagram which is the social media with the most users. The role of social media, more or less, has helped increase understanding of information to the public about the levers carried by the TNI. The purpose of this study was to describe the application of Etika Komunikasi di Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Keluarga & Anggota TNI-AU Lanud Halim Perdana Kusuma). In this research the writer uses Thurlow's theory “Nettiquete”.According to Thurlow, violations of social media ethics also occur if there are Copy-Paste (Copyright), Cyberbullying (bullying), Hoax (lies), Illegal Content (content against regulations), Pornographic Crimes, Hate Speech, (hate speech), and scenes of violence. . The method used in this research is a qualitative descriptive study with a constructivist paradigm. Case study research is included in descriptive analysis research, namely research that is focused on a particular case to be observed and analyzed carefully to completion. The case in question can be singular or plural, for example in the form of individuals or groups. The results of this study can be concluded that the application of communication ethics on social media within the scope of the TNI-AU has special rules or ethics which are stated in "Telegram Kasau Number T/3/2019 dated 23 January 2019”.The informants have implemented social media communication ethics properly according to these rules. Keywords : Communication Ethics, Social Media, Instagram, TNI-AU

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR 23 037
NIM/NIDN Creators: 44219210070
Uncontrolled Keywords: Etika Komunikasi, Media Sosial, Instagram, TNI-AU.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 23 May 2023 05:38
Last Modified: 23 May 2023 05:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77549

Actions (login required)

View Item View Item