ANALISIS DIGITAL PR PERSONAL BRANDING DAN PERILAKU PENIRUAN ATAS SELEBGRAM AWKARIN

DESTIANA, RISNA (2020) ANALISIS DIGITAL PR PERSONAL BRANDING DAN PERILAKU PENIRUAN ATAS SELEBGRAM AWKARIN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
4. Lembar Pernyataan .pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Tabel.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
9. Daftar Gambar.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR DIAGRAM)
7. Daftar Diagram.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)
[img] Text (BAB II)
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)

Abstract

Instagram is a social media application that is popular in the world, Instagram features that allow users to share photos, apply digital filters, and share them with various social media services. Based on a survey conducted by the Indonesian Internet Service Providers Association (APJII) survey results in 2017, Instagram came in first place. Instagram gives birth to Instagram celebrities. One famous celebrity is Awkarin. The celebrity's real name is Karin Novilda or better known as Awkarin. This research has four objectives to be achieved. First, to find out Awkarin's personal branding on digital PR Instagram. Secondly, to find out if Instagram media followers are imitating the Awkarin celebrity. Third, to find out the sematic meaning that occurs for celebrity Awkarin. Fourth, to find out about digital homework done by Awkarin celebrities. The paradigm used in this study is the constructivist paradigm. The study uses qualitative research with phenomenology. Source of data used are primary data and secondary data that are analyzed qualitatively. The results showed, Personal Branding as Awkarin on digital PR, personal branding actors when meeting or facing an audience in the real world must be present based on representation of their daily behavior and do not need to behave improperly because they will experience irregularities because it is not in accordance with their daily behavior. Instagram media followers mimic the behavior of Awkarin celebrities, not all speakers who are followers imitate Awkarin celebrities. Sematic interpretation of Awkarin celebrity, the resource person can interpret the message conveyed by Awkarin via Instagram. Digital PR conducted by Awkarin celebrities, besides Instagram social media, Awkarin also uses social media such as line, youtube and twitter. Keywords: Personal Branding, Digital PR, Impersonation, Semantic Interpretation, Awkarin. Instagram merupakan sebuah aplikasi media sosial yang popular didunia, fiturfitur Instagram yang memungkinkan pengguna berbagi foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan media sosial. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) hasil survei pada tahun 2017, Instagram berada pada posisi pertama. Instagram banyak melahirkan selebriti Instagram. Salah satu Selebgram yang terkenal adalah Awkarin. Selebgram yang bernama asli Karin Novilda atau yang lebih dikenal sebagai Awkarin. Penelitian ini memiliki empat tujuan yang ingin dicapai. Pertama, untuk mengetahui personal branding selebgram Awkarin pada digital PR instagram. Kedua, untuk mengetahui apakah followers media instagram melakukan perilaku peniruan terhadap selebgram Awkarin. Ketiga, untuk mengetahui pengartian sematik yang terjadi terhadap selebgram Awkarin. Keempat, ntuk mengetahui digital PR yang dilakukan oleh selebgram Awkarin. Paragdigma yang digunakan di dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan, Personal branding selebgram Awkarin pada digital PR, pelaku personal branding ketika bertemu atau menghadapi audiens didunia nyata harus hadir berdasarkan representasi atas perilaku kesehariannya dan tidak perlu berprilaku yang tidak seharusnya karena akan mengalami kejanggalan sebab tidak sesuai dengan perilakunya kesehariannya. Followers media instagram melalukan perilaku peniruan terhadap selebgram Awkarin, tidak semua narasumber yang merupakan followers melakukan peniruan terhadap selebgram Awkarin. Pengartian sematik terhadap selebgram Awkarin, narasumber dapat memaknai pesan yang disampaikan oleh Awkarin melalui Instagram. Digital PR yang dilakukan oleh selebgram Awkarin, selain media sosial Instagram, Awkarin juga menggunakan media sosial seperti line, youtube, dan twitter. Kata Kunci: Personal Branding, Digital PR, Peniruan, Pengartian Sematik, Awkarin.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 20 151
NIM/NIDN Creators: 44215120111
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Digital PR, Peniruan, Pengartian Sematik, Awkarin.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 25 Mar 2023 03:22
Last Modified: 25 Mar 2023 03:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75460

Actions (login required)

View Item View Item