ABDURROHIM, HABIB (2020) POLA KOMUNIKASI OPINION LEADER DALAM MENGURANGI SAMPAH PLASTIK DI ERA DIGITAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
COVER.pdf Download (430kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan “pola komunikasi opinion leader dalam mengurangi sampah plastik di era digital”. Sampah plastik merupakan salah satu permasalahan utama di Indonesia, sampai saat ini permasalahan tersebut masih belum ditemukan solusi yang paling optimal. Dalam era digital saat ini, banyak opinion leader menggunakan media sosial dalam sosialisasi menjaga kelestarian lingkungan, terutama dalam menurangi penggunaan sampah plastik baik di darat maupun dilaut. Sejalan dengan penelitian ini, peneliti menggunakan metodelogi penelitian deskriptif kualitatif deangan observasi dan wawancara. Peneliti juga menggunakan Teori two step flow of communication untuk menggambarkan Komunikasi melalui dua tahap (Two step Flow) yang dilakukan oponion leader dalam sosialisasi yang dilakukan melaui media sosial. Hasil penelitian menunjukan, Hamish Daud dan Cinthia Kusuma Rani sebagai tokoh opinion leader yang memberikan sosialisasi dalam upaya menjaga lingkungan dengan cara menguangi sampah plastik memiliki pola komunikasi yang mirip. Kedunya menggunakan keduanya samsa sama menggunakan media sosial instagram serta komunikasi dengan pola dua arah dan keduanya menerima informasi dari berbagai pihak seperti media, rekan kerja dan followers sebagai informasi untuk menambah wawasan masukan dalam melakukan sosialisasi berikutnya. Kata Kunci : Pola komunikasi opinion leader, sampah plastik, sosialisasi di era digital.
Actions (login required)
View Item |