PENGARUH TAYANGAN FOOD VLOGGER DARI CHANNEL YOUTUBE NEX CARLOS TERHADAP MINAT KULINER (SURVEY TERHADAP WANITA BERUSIA 15-34 TAHUN DI JAKARTA BARAT)

RAMADHAN, DHIFA (2020) PENGARUH TAYANGAN FOOD VLOGGER DARI CHANNEL YOUTUBE NEX CARLOS TERHADAP MINAT KULINER (SURVEY TERHADAP WANITA BERUSIA 15-34 TAHUN DI JAKARTA BARAT). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (BAB II)
3. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB III)
4. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (BAB IV)
5. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB V)
6. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)

Abstract

This thesis discusses the influence of Food Vlogger Impressions from the YouTube Channel Nex Carlos on Culinary Interests (Survey of Women Aged 15-34 Years in West Jakarta). The development of increasingly sophisticated technology makes it easier for humans to communicate. Communication is often done now more often through the internet, namely social media. YouTube is a form of video-based social media that began to rise since 5 years ago. This study aims to analyze the effect of Nex Carlos's YouTube food vlogger channel on culinary interests in women aged 15-34 in West Jakarta. The theory used in this research is to use the theory of uses and effects is a theory that explains the relationship between mass communication delivered through mass media, which raises an effect for users of the mass media. This research uses a quantitative approach with the method used is a survey method, with sampling techniques using Nonprobability Sampling. This study shows the t value obtained is t count (6.679)> t table (1.661) then Ho is rejected and with a significance value of 0.000 <0.05 which means that food vlogger has a significant effect on culinary interest. the correlation value indicates a moderate relationship between Food Vlogger and Culinary Interests that is equal to 0.599 and the coefficient of determination equal to 31.3%. From this study it can be concluded that there is an influence on the food channel YouTube vlogger Nex Carlos on culinary interests. Keywords: YouTube, Food Vlogger, Culinary Interests Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Tayangan Food Vlogger Dari Channel YouTube Nex Carlos Terhadap Minat Kuliner (Survei Terhadap Wanita Berusia 15-34 Tahun Di Jakarta Barat). Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat manusia semakin mudah untuk berkomunikasi. Komunikasi yang sering dilakukan saat ini lebih sering dilakukan melalui internet, yaitu media sosial. YouTube merupakan salah satu bentuk media sosial berbasis video yang mulai naik daun sejak 5 tahun lalu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tayangan food vlogger channel YouTube Nex Carlos terhadap minat kuliner pada wanita berusia 15-34 tahun di Jakarta Barat. Teori yang dipakai pada penelitian ini yaitu menggunakan teori uses and effects merupakan sebuah teori yang menjelaskan mengenai hubungan antara komunikasi massa yang disampaikan melalui media massa, yang menimbulkan sebuah effects bagi pengguna dari media massa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode survei, dengan teknik penarikan sampel menggunakan Nonprobability Sampling. Penelitian ini menunjukan nilai t hitung yang diperoleh yaitu t hitung (6,679) > t tabel (1,661) maka Ho ditolak dan dengan nilai signifikasi 0.000 < 0.05 yang artinya food vlogger berpengaruh signifikan terhadap minat kuliner. dengan nilai korelasi menunjukkan hubungan sedang antara Food Vlogger terhadap Minat Kuliner yaitu sebesar 0,599 dan nilai koefisien determinasi sebesar 31,3%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh tayangan food vlogger channel YouTube Nex Carlos terhadap minat kuliner. Kata Kunci : YouTube, Food Vlogger, Minat Kuliner

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 20 096
NIM/NIDN Creators: 44116010078
Uncontrolled Keywords: YouTube, Food Vlogger, Minat Kuliner
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
800 Literatures/Kesusastraan > 800. Literatures/Kesusastraan > 801 Philosophy and Theory of Literatures/Filsafat dan Teori Kesusastraan > 801.3 Value, Influence, Effect/Nilai, Pengaruh, Efek
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 10 Mar 2023 04:22
Last Modified: 10 Mar 2023 04:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/74968

Actions (login required)

View Item View Item