NAJLA, DHIYA SHAFIYYAH (2022) SOSIALISASI MENGENAI VALIDASI INFORMASI TERHADAP KONTEN VIDEO TIKTOK PADA PELAJAR SMAN 7 BEKASI (AGUSTUS 2021 – JANUARI 2022). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
44218210060 - Dhiya Shafiyyah Najla - 01 Cover.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
44218210060 - Dhiya Shafiyyah Najla - 02 Abstrak.pdf Download (105kB) | Preview |
|
Text
44218210060 - Dhiya Shafiyyah Najla - 03 Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
Text
44218210060 - Dhiya Shafiyyah Najla - 04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
Text
44218210060 - Dhiya Shafiyyah Najla - 05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
||
Text
44218210060 - Dhiya Shafiyyah Najla - 06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
Text
44218210060 - Dhiya Shafiyyah Najla - 07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) |
||
Text
44218210060 - Dhiya Shafiyyah Najla - 08 Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
||
Text
44218210060 - Dhiya Shafiyyah Najla - 09 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
||
Text
44218210060 - Dhiya Shafiyyah Najla - 10 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi kian berkembang pesat, dengan segala informasi yang dapat diakses hanya dengan mengandakan gadget dan jaringan internet. Media sosial menawarkan berbagai fitur seperti chat, hashtag, komentar, sharing foto dan video. TikTok menjadi wadah bagi orang-orang untuk berbagi informasi, menyalurkan kreativitas, minat & bakat, atau sebagai hiburan. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan edukasi mengenai proses validasi informasi terhadap konten video TikTok beserta pengimplementasiannya pada pelajar SMAN 7 Bekasi. SMAN 7 Bekasi terletak di daerah Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat. Cara Komunikasi penulis dalam kegiatan ini menggunakan pedekatan komunikasi persuasif dan interaktif. Kegiatan ini dimulai dari melakukan sosialisasi dan survei dengan mitra kerja yaitu SMAN 7 Bekasi. Dilanjutkan koordinasi dengan pihak sekolah untuk melakukan kegiatan workshop literasi digital pada TikTok hingga tahap monitoring pasca kegiatan. Kegiatan Peduli Negeri “Workshop Literasi digital pada TikTok” secara keseluruhan berjalan dengan lancer dan sukses. Pelajar sudah memahami definisi validasi informasi, dampak, cara dan langkah-langkahnya, serta mampu mengaplikasikannya dalam pembuatan konten video TikTok. Kata Kunci: TikTok, Validasi Informasi, Literasi Digital, SMAN 7 Bekasi ABSTRACT Advances in Information and Communication Technology are growing rapidly, with all information that can be accessed only by doubling up on gadgets and internet networks. Social media offers various features such as chat, hashtags, comments, photo and video sharing. TikTok is a platform for people to share information, creativity, interests & talents, or entertainment. The purpose of this study is to provide education regarding the process of validating information on TikTok video content and its implementation to students of SMAN 7 Bekasi. SMAN 7 Bekasi is located in the Jatisampurna area, Bekasi City, West Java. The author's way of communication in this activity uses a persuasive and interactive communication approach. This activity was started by conducting outreach and surveys with partners, SMAN 7 Bekasi. Continued coordination with the school to conduct digital literacy workshops on TikTok to post-activity monitoring. The Peduli Negeri project “Digital Literacy Workshop on TikTok” was a success overall. Students already understand the definition of information validation, its impact, methods and steps, and are able to apply it in the creation of TikTok video content. Keywords: TikTok, Information Validation, Digital Literacy, SMAN 7 Bekasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR 22 048 |
NIM/NIDN Creators: | 44218210060 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: TikTok, Validasi Informasi, Literasi Digital, SMAN 7 Bekasi |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 06:51 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 06:51 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72431 |
Actions (login required)
View Item |