ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP PERSONAL BRANDING GUSTI BINTANG MELALUI AKUN INSTAGRAM @BINTANGEMON

FARIDA, NUR (2022) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP PERSONAL BRANDING GUSTI BINTANG MELALUI AKUN INSTAGRAM @BINTANGEMON. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Hal Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)

Abstract

Personal branding is an activity that involves how a person manages his or her reputation, style, attitude and skills. One example of someone who uses social media Instagram in running a business and building personal branding is Instagram social media @bintangemon. Gusti Bintang or @bintangemon is one of the celebgrams who are active in using Instagram social media on a daily basis in uploading their content, being paid to promote and endorse, as well as building personal branding with video content whose delivery is characterized by using the Betawi language. Instagram is an application that is used to share photos and videos. Instagram itself is still part of facebook which allows our facebook friends to follow our instgram account. The increasing popularity of Instagram as an application that is used to share photos makes many users who go into online business also promote their products through Instagram. The research method is a way to solve problems or how to develop knowledge using the scientific method. This study uses descriptive qualitative research methods by presenting using words to describe or explain the research and is ongoing through sentences in the form of interviews and conclusions or displaying data in the form of images. The results showed that the audience's acceptance of Bintang Emon's personal branding through his Instagram account contained three decoding positions, namely dominant, negotiated and opposition. This study found that there were five informants who were in a dominant position. These five informants have a strong similarity of opinion, namely the five informants are in a dominant position. Keywords: Reception Analysis, Personal Branding, Instagram Personal branding adalah suatu kegiatan yang melibatkan bagaimana seseorang mengelola reputasinya, gaya, sikap, dan keterampilan seseorang. Salah satu contoh seseorang yang menggunakan media sosial Instagram dalam menjalankan usaha dan membangun personal branding adalah media sosial Instagram @bintangemon. Gusti Bintang atau @bintangemon merupakan salah satu selebgram yang aktif dalam menggunakan media sosial Instagram sehari–hari dalam menggunggah kontennya, paid promote dan endorse, sekaligus membangun personal branding dengan konten video yang penyampaiannya memiliki ciri khas menggunakan Bahasa Betawi. Instagram adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membagi-bagikan foto dan video. Instagram sendiri masih merupakan bagian dari facebook yang memungkinkan teman facebook kita mem-follow akun Instagram kita. Makin popularnya Instagram sebagai aplikasi yang digunakan untuk membagi foto membuat banyak pengguna yang terjun ke bisnis online turut mempromosikan produk-produknya lewat Instagram. Metode penelitian adalah suatu cara untuk memecahkan masalah ataupun cara mengembangkan ilmu pengetahuan dengan menggunakan metode ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan cara penyajian menggunakan kata-kata dalam menggambarkan atau menjelaskan penelitian tersebut dan sedang berlangsung melalui kalimat berupa wawancara dan simpulan ataupun display data berupa gambar. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerimaan audiens terhadap personal branding Bintang Emon melalui akun Instagram nya terdapat tiga posisi decoding yaitu dominan, negosisasi dan oposisi. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat lima informan yang berada pada posisi dominan. Kelima informan ini memiliki kesamaan pendapat yang kuat yakni kelima informan berada posisi dominan. Kata kunci: Analisis Resepsi, Personal Branding, Instagram

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 172
NIM/NIDN Creators: 44218010036
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Personal Branding, Instagram
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:42
Last Modified: 17 Nov 2022 07:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/71709

Actions (login required)

View Item View Item