STRATEGI KOMUNIKASI GERAKAN PEMUDA HIJRAH (SHIFT) DALAM BERDAKWAH KEPADA GENERASI MILENIAL (Studi Kasus Pengurus Gerakan Pemuda Hijrah (SHIFT))

AFIFAH, MAUDY (2019) STRATEGI KOMUNIKASI GERAKAN PEMUDA HIJRAH (SHIFT) DALAM BERDAKWAH KEPADA GENERASI MILENIAL (Studi Kasus Pengurus Gerakan Pemuda Hijrah (SHIFT)). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Halaman Cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. Surat Pernyataan.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04. Lembar Pengesahan.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. Daftar Gambar.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB II)
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text (BAB V)
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)

Abstract

Gerakan Pemuda Hijrah merupakan gerakan dakwah yang berada di Kota Bandung. Lahir berdasarkan keresahan para pendirinya terhadap taklim atau kajian serta masjid yang sepi dari anak muda, sehingga mereka membentuk Gerakan dakwah yang bertujuan untuk mengajak anak muda semakin taat beragamadengan pendekatan yang kreatif dan teknik yang mampu menarik anak muda untuk berhijrah. Berdasarkan hal tersebut, Gerakan Pemuda Hijrah perlu strategi komunikasi persuasif dalam upayanya berdakwah. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dari itu terdapat pertanyaan-pertanyaan yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu bagaimana strategi komunikasi persuasif Pengurus Gerakan Pemuda Hijrah dalam berdakwah?, bagaimana teknik komunikasi persuasif Pengurus Gerakan Pemuda Hijrah? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi persuasif Melvin L. DefLeur dan Sandra J. Ball-Roceach. Teori ini menjelaskan tiga pendekatan dalam komunikasi persuasif, yakni: strategi psikodinamika yang lebih menekankan pada pendekatan emosional dan faktor koqnitif, strategi sosiokultural mengenai faktor luar diri seseorang yakni faktor lingkungan dalam memengaruhi perilaku, dan strategi meaning construction mengenai pemahaman mengenai sesuatu. Terdapat beberapa teknik komunikasi persuasif dalam proses komunikasi, yaitu: Asosiasi, Integrasi, Icing, Pay off and Fear Arousing, dan Red Hirrring. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian menggunakan postpositivisme, pendekatan kualitatif dan metode penelitian studi kasus dengan penelitian dilakukan secara mendalam melalui berbagai sumber data secara lengkap dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang sesuai dengan prosedur. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan dalam strategi psikodinamika yang melibatkan emosional dan faktor koqnitif dalam mempersuasif untuk melihat fenomena lingkungan. Strategi sosiokultural memanfaatkan faktor lingkungan yakni dengan hubungan pertemanan yang terjalin antara pengurus dan jemaah untuk berdakwah. Strategi meaning construction memfokuskan lebih kepada memberikan pemahaman kepada jemaah dengan memanipulasi pengertian tetapi tidak merubah makna bertujuan untuk menyederhanakan dalam menyampaikan pesan persuasifnya. Teknik komunikasi yang digunakan pun berusaha disesuaikan dengan anak muda agar menarik bagi anak muda. Kata kunci: Strategi, Komunikasi Persuasif, Dakwah, Pengurus, Gerakan Pemuda Hijrah.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 19 260
NIM/NIDN Creators: 44113110112
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Persuasif, Dakwah, Pengurus, Gerakan Pemuda Hijrah (Studi Kasus Pengurus Gerakan Pemuda Hijrah (SHIFT))
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 19 Oct 2022 08:38
Last Modified: 18 Jul 2023 01:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/70258

Actions (login required)

View Item View Item