SUYANTA, SUYANTA (2016) RANCANGAN PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD DAN KPI DI UPTP KEMNAKER R.I. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
Cover.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (30kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
||
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
Abstract
Balanced Scorecard (BSC) merupakan salah satu metode pengukuran kinerja yang meninjau kinerja institusi tidak hanya dari sisi keuangan, namun juga dari sisi non keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan pengukuran kinerja UPTP Kemnaker R.I yang meliputi perspektif finansial, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Dalam penelitian ini dilakukan pembobotan untuk mengetahui bobot prioritas antar sasaran strategis pada tiap-tiap perspektif. Pembobotan elemen-elemen yang terdapat dalam perancangan pengukuran kinerja dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian dilakukan dengan menggunakan expert yang terdiri dari: 3 expert di UPTP Kemnaker R.I, untuk mencapai visi, misi dan tujuan organisasi teridentifikasi melalui 10 (sepuluh) sasaran strategis dan 12 (dua belas) Key Performance Indicator (KPI) yang menggambarkan kondisi organisasi saat ini, dan melalui 4 perspektif Balanced Scorecard diperoleh rangking dan skor dari hasil pembobotan antar prespektif, urutan pertama adalah perspektif pelanggan, kedua pertumbuhan dan pembelajaran, ketiga proses bisnis internal dan terakhir prespektif keuangan, serta diperoleh skor untuk perspektif pelanggan dengan skor tertinggi, urutan selanjutnya perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perspektif proses bisnis internal dan perspektif keuangan, pada perspektif pelanggan, pertumbuhan pelanggan/peserta pelatihan memperoleh skor yang paling rendah, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, studi lanjut instruktur dan staf serta seminar dan workshop instruktur memperoleh skor yang paling rendah, perspektif proses bisnis internal, jumlah peserta yang memperoleh sertifikat kompetensi memperoleh skor yang paling rendah, sedangkan untuk perspektif keuangan jumlah pemagangan yang sesuai dengan kebutuhan kerja memperoleh skor paling rendah.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CD/553. 16 014 |
NIM/NIDN Creators: | 55313120004 |
Uncontrolled Keywords: | Analitycal Hierarchy Process, Balance Scorecard, Key Perfomance Indicator, Kinerja, AHP, BS, KPI |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 604 Technical Drawing/Menggambar Teknik, Hazardous Materials Technology/Teknologi Bahan Berbahaya, groups of people/Kelompok Masyarakat > 604.2 Technical Drawing/Menggambar Teknik > 604.24 Specific Drafting Procedures and Conventions/Prosedur dan Konvensi Perancangan Spesifik 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Teknik Industri |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 03 Mar 2016 12:33 |
Last Modified: | 31 May 2024 06:31 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/6453 |
Actions (login required)
View Item |