STRATEGI PROGRAM SIARAN RADIO DANGDUT DI JAKARTA (STUDI KASUS PADA KENAIKAN RATING RADIO MERSI FM TAHUN 2014)

LILIYANA, LILIYANA (2015) STRATEGI PROGRAM SIARAN RADIO DANGDUT DI JAKARTA (STUDI KASUS PADA KENAIKAN RATING RADIO MERSI FM TAHUN 2014). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.

[img] Text (Cover)
COVER DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB)
[img] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (716kB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)

Abstract

Persaingan industri radio mengalami perkembangan yang cukup signifikan, terutama pada era pasca reformasi yang membawa perubahan dalam hal regulasi, sehingga memudahkan izin operasi lembaga penyiaran. Sebagai salah satu radio dangdut yang mampu bertahan mengudara dari tahun 1970 sampai saat ini (2014), bukanlah perkara yang mudah bagi Radio Mersi FM. Setelah pada tahun 2012 berdasarkan riset AC Nielsen, sempat berada di peringkat ke-28 seluruh radio di Jabodetabek, akhirnya secara perlahan Radio Mersi FM mampu kembali berada di jajaran 10 besar radio se-Jabodetabek di tahun 2014. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa strategi program yang dilakukan Radio Mersi FM dalam meningkatkan rating. Pendekatan teoritis dalam penelitian ini adalah konsep strategi program siaran dari Sidney W Head, yang mencakup lima elemen pemrograman yaitu: kesesuaian (compability), membangun kebiasaan (habit formation), mengontrol aliran audien (control of audience flow), pemeliharaan sumber daya program (reservation of resources), daya tarik yang luas (bredth of appeal). Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, dengan paradigma konstruktivis, dan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala studio, program director, dan kepala siaran Radio Mersi FM. Hasil penelitian menunjukan bahwa Radio Mersi FM menyesuaikan program dengan aktifitas pendengarnya, membentuk kebiasaan mendengarkan dengan cara menampilkan acara yang sama setiap hari, mengatur alur pendengarnya dengan cara memberikan “bridging” setiap pergantian acara, dan juga mengoptimalkan penggunaan musik dan sound effect agar lebih menarik. Namun radio mersi kurang optimal dalam menjaga ketersediaan sumber program, hal ini terlihat dari program yang ditayangkan berulang-ulang. Kata kunci: Strategi Program Siaran, Radio Dangdut di Jakarta

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-15-116
NIM/NIDN Creators: 55210110025
Uncontrolled Keywords: Strategi Program Siaran, Radio Dangdut di Jakarta. MEDIA, MANAJEMEN BISNIS DAN INDUSTRI MEDIA.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: RIA SYAFITRI
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:41
Last Modified: 02 May 2023 03:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/64455

Actions (login required)

View Item View Item