PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA HIBURAN BAGI GENERASI Z

GUSTIKA, DWI PUTRI (2022) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA HIBURAN BAGI GENERASI Z. S1 thesis, Universitas Mercu Buana jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. COVER Dwi Putri Gustika 44218010081.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
02. BAB I Dwi Putri Gustika 44218010081.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB II)
03, BAB II Dwi Putri Gustika 44218010081.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB III Dwi Putri Gustika 44218010081.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB IV Dwi Putri Gustika 44218010081.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB V Dwi Putri Gustika 44218010081.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA Dwi Putri Gustika 44218010081.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN Dwi Putri Gustika 44218010081.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)

Abstract

When someone decided to use a media, that must be motivated by some reason or motive to fulfill their needs. Uses and Gratifications theory explained that how can media fulfill someone needs by actively using that media. Every user must be has their own motive by using that social media. People will feel satisfied in using a media when they feel their need are fulfilled. So, when someone using a media for some motive or reason they must be expect a satisfaction. The theory used in this research is Uses and Gratifications theory by Elihu and Katz. The theory explained how media can fulfill someone needs by actively using that media. This research use descriptive qualitative method. This study is intended to describe how social media TikTok can fulfill the entertainment needs of Generation Z. This research using in-depth interview with 5 people who categorize as Generation Z to collect the data. The result of this research indicated that by using TikTok as an entertainment media they feel their entertainment needs are fulfilled. TikTok fulfill their entertainment needs by giving various content and adjust the content from what they like. Beside fulfill their entertainment needs, TikTok also fulfill their Information and Education needs. Keywords: Social Media for Entertainment Use, Uses and Gratifications, TikTok Ketika seseorang memutuskan untuk menggunakan suatu media, pasti dilatarbelakangi oleh suatu alasan atau motif untuk memenuhi kebutuhannya. Teori Uses and Gratifications menjelaskan bahwa bagaimana media dapat memenuhi kebutuhan seseorang dengan aktif menggunakan media tersebut. Setiap pengguna pasti memiliki motif tersendiri dalam menggunakan media sosial tersebut. Orang akan merasa puas dalam menggunakan suatu media ketika merasa kebutuhannya terpenuhi. Jadi, ketika seseorang menggunakan suatu media untuk suatu motif atau alasan pastilah mengharapkan suatu kepuasan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratifications oleh Elihu dan Katz. Teori tersebut menjelaskan bagaimana media dapat memenuhi kebutuhan seseorang dengan aktif menggunakan media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana media sosial TikTok dapat memenuhi kebutuhan hiburan Generasi Z. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dengan 5 orang yang termasuk dalam kategori Generasi Z untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan TikTok sebagai media hiburan mereka merasa kebutuhan hiburan mereka terpenuhi. TikTok memenuhi kebutuhan hiburan mereka dengan memberikan berbagai konten dan menyesuaikan konten dari apa yang mereka sukai. Selain memenuhi kebutuhan mereka dari segi hiburan, TikTok juga memenuhi kebutuhan mereka dari segi informasi dan edukasi. Kata kunci: Media Sosial untuk Hiburan, Uses and Gratifications, TikTok

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 061
Call Number: SK/42/22/017
NIM/NIDN Creators: 44218010081
Uncontrolled Keywords: Media Sosial untuk Hiburan, Uses and Gratifications, TikTok
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.3 Bibliographies by Specific Forms/Bibliografi dan Katalog dengan Bentuk Khusus > 011.37 Visual and Audio Visual Media/Media Visual dan Audio Visual
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 791 Public Performances/Pertunjukan Umum > 791.4 Motion Pictures, Radio, Television/Gambar Gerak, Radio, Televisi > 791.43 Motion Pictures, Movies, Cinema/Bioskop, Movie, Film Hiburan, Sinema
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Amin Sujatmiko
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:25
Last Modified: 28 Sep 2022 03:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/63185

Actions (login required)

View Item View Item