GUSTIKA, DWI PUTRI (2022) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA HIBURAN BAGI GENERASI Z. S1 thesis, Universitas Mercu Buana jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. COVER Dwi Putri Gustika 44218010081.pdf Download (422kB) | Preview |
|
Text
02. BAB I Dwi Putri Gustika 44218010081.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
||
Text (BAB II)
03, BAB II Dwi Putri Gustika 44218010081.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
||
Text (BAB III)
04. BAB III Dwi Putri Gustika 44218010081.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
||
Text (BAB IV)
05. BAB IV Dwi Putri Gustika 44218010081.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
06. BAB V Dwi Putri Gustika 44218010081.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA Dwi Putri Gustika 44218010081.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN Dwi Putri Gustika 44218010081.pdf Restricted to Registered users only Download (958kB) |
Abstract
When someone decided to use a media, that must be motivated by some reason or motive to fulfill their needs. Uses and Gratifications theory explained that how can media fulfill someone needs by actively using that media. Every user must be has their own motive by using that social media. People will feel satisfied in using a media when they feel their need are fulfilled. So, when someone using a media for some motive or reason they must be expect a satisfaction. The theory used in this research is Uses and Gratifications theory by Elihu and Katz. The theory explained how media can fulfill someone needs by actively using that media. This research use descriptive qualitative method. This study is intended to describe how social media TikTok can fulfill the entertainment needs of Generation Z. This research using in-depth interview with 5 people who categorize as Generation Z to collect the data. The result of this research indicated that by using TikTok as an entertainment media they feel their entertainment needs are fulfilled. TikTok fulfill their entertainment needs by giving various content and adjust the content from what they like. Beside fulfill their entertainment needs, TikTok also fulfill their Information and Education needs. Keywords: Social Media for Entertainment Use, Uses and Gratifications, TikTok Ketika seseorang memutuskan untuk menggunakan suatu media, pasti dilatarbelakangi oleh suatu alasan atau motif untuk memenuhi kebutuhannya. Teori Uses and Gratifications menjelaskan bahwa bagaimana media dapat memenuhi kebutuhan seseorang dengan aktif menggunakan media tersebut. Setiap pengguna pasti memiliki motif tersendiri dalam menggunakan media sosial tersebut. Orang akan merasa puas dalam menggunakan suatu media ketika merasa kebutuhannya terpenuhi. Jadi, ketika seseorang menggunakan suatu media untuk suatu motif atau alasan pastilah mengharapkan suatu kepuasan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratifications oleh Elihu dan Katz. Teori tersebut menjelaskan bagaimana media dapat memenuhi kebutuhan seseorang dengan aktif menggunakan media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana media sosial TikTok dapat memenuhi kebutuhan hiburan Generasi Z. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dengan 5 orang yang termasuk dalam kategori Generasi Z untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan TikTok sebagai media hiburan mereka merasa kebutuhan hiburan mereka terpenuhi. TikTok memenuhi kebutuhan hiburan mereka dengan memberikan berbagai konten dan menyesuaikan konten dari apa yang mereka sukai. Selain memenuhi kebutuhan mereka dari segi hiburan, TikTok juga memenuhi kebutuhan mereka dari segi informasi dan edukasi. Kata kunci: Media Sosial untuk Hiburan, Uses and Gratifications, TikTok
Actions (login required)
View Item |