PERMANA, BERRY (2020) IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN APLIKASI ANTAR JEMPIJT IZIN BERMOTOR (AJIB) DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI DKI JAKARTA TAHUN 2017. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Other (HAL COVER)
1. cover skripsi.PDF Download (81kB) | Preview |
|
|
Other (ABSTRAK)
6. abstrak.PDF Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. lembar pernyataan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. lembaran pengesahan skripsi.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Other (KATA PENGANTAR)
7. kata pengantar.PDF Download (273kB) | Preview |
|
|
Other (DAFTAR ISI)
8. daftar isi.PDF Download (266kB) | Preview |
|
|
Other (DAFTAR TABEL)
10. daftar tabel.PDF Download (33kB) | Preview |
|
|
Other (DAFTAR GAMBAR)
9. daftar gambar.PDF Download (104kB) | Preview |
|
Other (BAB I)
11. BAB I.PDF Restricted to Registered users only Download (809kB) |
||
Other (BAB II)
12. BAB II.PDF Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Other (BAB III)
13. BAB III.PDF Restricted to Registered users only Download (943kB) |
||
Other (BAB IV)
14. BAB IV.PDF Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Other (BAB V)
15. BAB V.PDF Restricted to Registered users only Download (655kB) |
||
Other (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.PDF Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Image pelayanan publik sering dikaitan dengan beberapa hal negatif termasuk pada pelayanan publik di instansi pemerintahan. Dalam memberikan pelayanan izin yang prima, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Sam Pintu Pemprov DKI Jakarta meluncurkan Layanan AJIB di tahun 2016. Guna memperkenalkan Layanan jasa Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemprov gencar melakukan kegiatan komunikasi pemasaran melalui media komunikasi pemasaran yang tepat. Penelitian mi membahas tentang Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran Aplikasi Antar Jemput Izin Bemotor (AJIB) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta di Tahun 2017. Penelitian mi menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode menelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan kasus mi adalah melalui wawancara dengan narasumber yang terkait, observasi, dan dokumentasi. Waktu yang dibutuhkan untuk pengumpulan data adalah 3 bulan dengan analisis keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menyatakan bahwa segmentasi Layanan AJIB adalah prialwanita single/berkeluarga usia 23-55 tahun tingkat ekonomi menengah ke atas yang berpendidikan universitas di Kota Jakarta. Layanan AJIB menetapkan tujuan komunikasi pemasarannya, yaitu memperkenalkan suatu produk/jasa layanan antar jemput pengurusan perizinan dan non perizinan untuk mempermudah pengurusan perizinan dan non perizinan kepada masyarakat DKI Jakarta. Kesimpulan dalam penelitian mi adalah dalam mencapai tujuan strategi komunikasi pemasaran, layanan jasa Antar Jemput Izin Bermotor mengembangkan program komunikasi pemasaran terpadu dengan cara memilih media komunikasi pemasaran yang tepat, seperti perikianan/advertising melalui media cetak flyer, dan media luar ruang videotron pemasaran langsungldirect marketing, pemasaran interaktif melalui media sosial instagram, dan word of mouth marketing. Pada implementasinya strategi komunikasi pemasaran layanan jasa Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) mi terbukti telah berhasil dalam meningkatkan pengguna atau pemohon layanan jasa Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) di DKI Jakarta khususnya di tahun 2017 serta dengan berkembangnya layanan jasa Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) mi telah berhasil mewujudkan tercapainya pelayanan publik yang prima yaitu untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat di DKI Jakarta dalam pengurusan perizinan dan non perizinan. Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Implementasi, Pelayanan Publik
Actions (login required)
View Item |