RIDWAN, MUHAMMAD (2019) ANALISIS PENGARUH KERENGGANGAN CELAH KATUP PADA ALAT UJI PRESTASI MESIN DIESEL TERHADAP NILAI KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN TORSI MESIN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
||
Text (BAB II)
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
||
Text (BAB III)
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
||
Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
||
Text (BAB V)
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
Abstract
Pada penelitian sebelumnya telah dilakukan analisis pengaruh kerenggangan celah katup pada kinerja mesin, salah satunya adalah “Pengaruh Variasi Penyetelan Celah Katup Masuk Terhadap Efisiensi Volumetrik Rata - Rata Pada Motor Diesel Isuzu Panther C 223 T” oleh mahasiswa Teknik Mesin Universtias Negeri Semarang, Sarif Sampurno. Pada penelitian ini penulis ingin melakukan pengujian pada alat uji prestasi mesin diesel Hyundai D4BB 2600cc. Sesuai rekomendasi pabrikan, celah katupnya adalah 0.15 mm dalam kondisi dingin untuk intake dan exhaust. Yang ingin diketahui adalah pengaruhnya terhadap variasi penyetelan di atas dan di bawah rekomendasi sebesar 0.20 mm dan 0.10 mm, serta pada celah katup 0.15 mm sesuai standar. Kemudian ketiganya akan dibandingkan untuk mendapatkan angka celah katup optimum untuk torsi dan konsumsi bahan bakar terbaik. Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini berupa observasi lapangan yang dilanjutkan dengan menentukan perumusan masalah dan tujuan yang akan dicapai, kemudian didefinisikan dalam sebuah konsep perancangan dan dirancang bangun dalam bentuk Alat Uji Prestasi Mesin. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Mercu Buana Jakarta. Pengumpulan data primer berupa hasil pengukuran didapat dari pengukuran menggunakan dynamometer dynamite pada tempat pembelian mesin, dan alat ukur lain berupa flowmeter solar, serta sensor-sensor yang terpasang pada saat pengamatan langsung, sedangkan data sekunder didapat dari berbagai sumber pustaka, dokumen, dan internet. Hasil dari penelitian ini didapat hasil konsumsi bahan bakar paling hemat jika celah katup diatur lebih longgar dari standar pabrikan, yaitu 0.20 mm, sedangkan torsi paling besar didapat pada penyetelan celah katup lebih rapat, yaitu 0.10 mm. Celah katup optimum untuk keluaran terbaik adalah 0.15 mm yang menghasilkan nilai rata-rata konsumsi bahan bakar spesifik paling rendah, yaitu 0.2071 g/KWh. Kata Kunci: alat uji prestasi, rancang bangun, percobaan, keluaran
Actions (login required)
View Item |