QUDSI, ZAHRA AL (2021) PEMAKNAAN “SAMPAH HIDUP KITA” PADA IKLAN CINEMA 21 APAPUN SAMPAH HIDUP KITA, AYO BUANG #PADATEMPATNYA (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Hal Cover_compressed.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
05 Abstrak_compressed.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03 Lembar Pernyataan Mahasiswa-compressed.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02 Lembar Pengesahan_compressed.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
04 Kata Pengantar_compressed.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06 Daftar Isi-compressed.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
08 Daftar Tabel-compressed.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
07 Daftar Gambar-compressed.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09 Daftar Lampiran-compressed.pdf Download (89kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10 Bab 1-compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (BAB II)
11 Bab 2-compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text (BAB III)
12 Bab 3-compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
Text (BAB IV)
13 Bab 4-compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
||
Text (BAB V)
14 Bab 5-compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15 Daftar Pustaka-compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16 Lampiran-compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
Abstract
This research stems from the existence of uploads on social media @ cinema.21 regarding the lack of awareness of cinema visitors to throw garbage in the place provided by Cinema 21. With this condition, Cinema 21 finally makes a public service advertisement "Apapun Sampah Hidup Kita, Ayo Buang #PadaTempatnya”. Seeing this waste problem, the purpose of this research is to find out the meaning of "Sampah Hidup Kita" in the advertisement. This advertisement is analyzed using the semiotics of Ferdinand de Saussure, with five views, namely (1) Signifier and Signified, (2) Form (form) and content (content); (3) Langue (language) and Parole; (4) Synchronic (synchronic) and Diachronic; and (5) Syntagmatic and associative or paradigmatic. By using observation techniques, data were collected for analysis. This study uses a constructivist paradigm with a qualitative approach. The semiotic research method is used to analyze verbal and nonverbal messages. The results of this study found that the "Sampah Hidup Kita" in this advertisement has the meaning of a person's character in everyday life. As well as the approach to using public service advertisements that are packaged with a youthful or millennial touch can make it easier for advertising messages to be conveyed well by the audience, especially the millennial generation. Keywords: The Trash of Our Life, Public Service Announcements, Meaning, Semiotics. Penelitian ini bermula dari adanya unggahan pada media sosial @cinema.21 tentang kurangnya kesadaran pengunjung bioskop untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan oleh pihak Cinema 21. Dengan kondisi ini Cinema 21 akhirnya membuat iklan layanan masyarakat “Apapun Sampah Hidup Kita, Ayo Buang #PadaTempatnya”. Melihat permasalahan sampah ini, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa makna “Sampah Hidup Kita” dalam iklan tersebut. Iklan ini dianalisis menggunakan semiotika Ferdinand de Saussure, dengan lima pandangnya yaitu (1) Signifier (penanda) dan Signified (petanda), (2) Form (bentuk) dan content (isi); (3) Langue (bahasa) dan Parole; (4) Synchronic (sinkronik) dan Diachronic; serta (5) Syntagmatic dan associative atau paradigmatic. Dengan menggunakan teknik observasi, data dikumpulkan untuk kemudian dianalisis. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian semiotika digunakan untuk menganalisis pesan verbal dan nonverbal. Hasil dari penelitian ini mendapati bahwa “Sampah Hidup Kita” dalam iklan ini memiliki makna karakter seseorang di kehidupan sehari-hari. Serta pendekatan penggunaan iklan layanan masyarakat yang dikemas dengan sentuhan anak muda dapat mempermudah pesan iklan tersampaikan dengan baik kepada khalayak terutama generasi milenial. Kata kunci: Sampah Hidup Kita, Iklan Layanan Masyarakat, Makna, Semiotika.
Actions (login required)
View Item |