Nova, Nova (2022) Strategi Komunikasi Guru Sekolah Kristen Di Kota Wisata Cibubur dalam Menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 periode tahun 2020 sampai 2021. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
cover rev - Nova.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK - Nova.pdf Download (154kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
BAB 1 - Nova.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
||
Text (Bab 2)
BAB 2 - Nova.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
Text (Bab 3)
BAB 3 - Nova.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
Text (Bab 4)
BAB 4 - Nova.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
||
Text (Bab 5)
BAB 5 - Nova.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - Nova.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
||
Text (Lampiran)
LAMPIRAN - Nova.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
||
Text (Form Keabsahan dan Publikasi)
Formulir Pernyataan Keabsahan Dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Nova.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi COVID-19 yang menimbulkan perubahan yang cukup signifikan dalam dunia pendidikan, khususnya pada sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang melahirkan problematika yang berdampak pada kualitas pendidikan. Strategi komunikasi guru sekolah kristen di kota wisata Cibubur dalam menjalankan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid – 19 periode tahun 2020-2021 ini dilakukan untuk melihat bagaimana startegi komunikasi yang dijalan oleh para guru selama PJJ. Penilitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah kristen yang terletak diperumahan kota wisata. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori startegi komunikasi Wayne Peace dan Don F Faules merumuskan 5 (lima) strategi komunikasi, yakini; Mengenal khalayak, Menyusun pesan, Menetapkan metode, Penggunaan media, dan Peranan komunikator. Dengan beberapa acauan penelitian terdahulu Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yang dilakukan dengan cara mereduksi data-data yang didapat berkaitan dengan stategi komunikasi, kemudian menyajikannya dalam penelitian, serta menyimpulkan hasil dari penelitian terkait dengan strategi komunikasi. Metode yang digunakan studi kasus dengan paradigma konstruktivistik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penyampaian metode pembelajaran dari guru apabila tidak dipahami oleh murid bisa di komunikasikan kembali melalui telpon, atau pesan whatsap, sehingga terjadi komunikasi dua arah untuk mencapai tujuan komunikasi. Hambatan yang terjadi pada selama pembelajaran jarak jauh pada sekolah tersebut adalah kurang merata jaringan internet yang pada siswa-siswi dan off cam pada saat pemebelajaran berlangsung. Namun, hambatan tersebut bisa teratasi dengan dukungan para wali murid yang membantu proses pembelajaran jarak jauh ini. Jadi bisa disimpulkan dari penelitian ini strategi komunikasi guru dalam menjalankan proses belajar mengajar selama masa covid-19 di sekolah kristen yang terletak di perumahan kota wisata cibubur berjalan dengan baik. Hal tersebut dikarenakan mereka saling terkoneksi dengan media yang ada saat ini dan faktor pendukung lainnya. Kata kunci : Strategi komunikasi, guru, murid , PJJ
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44219110080 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi, guru, murid , PJJ |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Maulana Arif Hidayat |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 06:08 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 06:08 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58670 |
Actions (login required)
View Item |