STRATEGI PUBLIC RELATIONS BADAN PENGELOLA TRANSPORTASI JABODETABEK (BPTJ) DALAM MEMBENTUK CITRA TERMINAL PENUMPANG TIPE A BARANANGSIANG

ISKANDAR, NISA ALAWIYAH (2021) STRATEGI PUBLIC RELATIONS BADAN PENGELOLA TRANSPORTASI JABODETABEK (BPTJ) DALAM MEMBENTUK CITRA TERMINAL PENUMPANG TIPE A BARANANGSIANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER - nisa alawiyah.pdf

Download (710kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1 - nisa alawiyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2 - nisa alawiyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3 - nisa alawiyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4 - nisa alawiyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5 - nisa alawiyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA - nisa alawiyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN - nisa alawiyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)

Abstract

Lembaga Pemerintah erat kaitannya dengan pelayanan publik, sehingga diperlukan hubungan yang baik untuk mendapatkan kepercayaan dan dan dukungan masyarakat. Pada 2018, pengelolaan Terminal Penumpang Tipe A Baranangsiang dialihkan dari Pemerintah Daerah ke Pemerintah Pusat sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dengan segala permasalahan yang ada di dalamnya. Strategi Public Relations Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dilakukan untuk membangun hubungan baik dengan masyarakat terminal yang mulanya sensitif dan tidak percaya pada pemerintah, sehingga dapat membentuk citra baik BPTJ dan memperoleh dukungan untuk melaksanakan revitalisasi terminal. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Strategi Public Relations Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dalam melakukan hubungan baik dengan masyarakat dan komunitas terminal. Teori stategi Public Relations yang diambil merupakan langkah-langkah strategi perencanaan komunikasi oleh Cutlip dan Center yang terdiri dari Fact Finding (Penemuan fakta-fakta), Planning (Perencanaan), Communication (komunikasi) dan Evaluation (Evaluasi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dimana penelitian ini ingin menggambarkan dan mendeskripsikan strategi Public Relations BPTJ dalam melakukan pendekatan community relations dengan masyarakat komunitas terminal. Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara dengan 3 (tiga) key informan dan 3 (tiga) informan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Public Relations BPTJ telah menyusun strategi dengan cukup baik melalui pendekatan community relations oleh Pelaksana Humas Terminal sehingga adanya perubahan sikap masyarakat pada pengelolaan yang dilakukan BPTJ di Terminal Penumpang Tipe A Baranangsiang. Kata kunci: Strategi Public Relations, Community Relations, Citra

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44218120021
Uncontrolled Keywords: Strategi Public Relations, Community Relations, Citra
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:47
Last Modified: 18 Mar 2022 02:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58274

Actions (login required)

View Item View Item