ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2019 MELALUI TWITTER (Studi Kasus : Kampanye Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin)

DESIMAWATI, A VENTI (2019) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2019 MELALUI TWITTER (Studi Kasus : Kampanye Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
1. Halaman Judul.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. LEMBER PENGESAHAN.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN)
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Tabel.pdf

Download (3kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
9. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text (BAB 2)
10. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text (BAB 3)
11. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB 4)
12. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text (BAB 5)
13. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

The existence of social media is increasingly inseparable from the way of communication between people. Moreover, through social media people can easily access to get the latest information. The development of social media made all parties especially political parties aware that through the approach of social media as a tool. This study aims to determine the strategy of political communication on social media twitter conducted by Joko Widodo and Vice President Ma'ruf Amin in the 2019 presidential election. Through a qualitative method with a case study perspective through social media namely twitter. Researchers get data through, observation, indepth interviews and documentation to get the political communication implementation of the Jokowi-Ma'ruf Presidential Candidate pair in the presidential election 2019. From the results of this study indicate the political communication strategy carried out by the Jokowi-Ma'ruf Amin pair in the presidential election 2019 through social media Twitter shows the activities and performance of Jokowi. In addition, it provides information by using memes, graphics etc. Keywords: communication strategy, political communication, social media Keberadaan media sosial saat ini makin tidak bisa dipisahkan dari cara berkomunikasi antar manusia. Terlebih, melalui media sosial orang dapat mengakses dengan mudah untuk mendapatkan informasi terkini. Perkembangan media sosial membuat semua pihak terutama partai politik sadar bahwa melalui pendekatan media sosial sebagai alat bantu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi politik pada media sosial twitter yang dilakukan oleh Pasangan Capres Joko Widodo dan Cawapres Ma’ruf Amin dalam pemilihan presiden 2019. Melalui metode kualitatif dengan perspektif studi kasus melalui media sosial yakni twitter. Peneliti mendapatkan data melalui, observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi untuk mendapatkan pelaksanaan komunikasi politik pasangan Capres Cawapares Jokowi-Ma’ruf Amin dalam pemilihan presiden 2019. Dari hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi politik yang dilakukan Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada pemilihan presiden 2019 melalui media sosial twitter menunjukkan kegiatan dan kinerja dari Jokowi. Selain itu, memberikan informasi dengan cara penggunaan meme, grafis dll. Kata kunci: strategi komunikasi, komunikasi politik, media sosial

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-19-031
NIM/NIDN Creators: 55217110036
Uncontrolled Keywords: communication strategy, political communication, social media,strategi komunikasi, komunikasi politik, media sosial, KOMPOL, komunikasi politik
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: MYTHA ALVIANA SARI
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:00
Last Modified: 20 Jun 2022 03:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56613

Actions (login required)

View Item View Item