MAKNA GAYA HIDUP PADA IKLAN GO-JEK VERSI “HIDUP TANPA BATAS ITU APA SIH” DI MEDIA YOUTUBE ( Studi Semiotika Ferdinand De Saussure )

DEVARI, RAFI (2019) MAKNA GAYA HIDUP PADA IKLAN GO-JEK VERSI “HIDUP TANPA BATAS ITU APA SIH” DI MEDIA YOUTUBE ( Studi Semiotika Ferdinand De Saussure ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. Abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. Surat Pernyataan.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB)
[img] Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Beriklan merupakan salah satu bentuk dari komunikasi. Untuk mengkaji tanda dan simbol dalam iklan dapat menggunakan metode analisis semiotika. Semiotika adalah suatu disiplin ilmu dan metode analisis yang dimana untuk mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek yang bertujuan untuk mengetahui makna apa yang tekandung. Tujuan dari meneliti iklan ini untuk mengetahui bagaimana makna gaya hidup pada iklan Go-jek versi “Hidup Tanpa Batas Itu Apa Sih” di media Youtube. Teori yang digunakan adalah teori Semiotika Ferdinand De Saussure yang mejelaskan bahwa tanda memiliki unsur yang saling berhubungan yaitu penanda (signifier) dan petanda (signified), penanda yakni bunyi atau coretan bermakna, dan petanda yakni gambar atau konsep sesuatu dari penanda. Hubungan antara kedua konsep tersebut disebut signifikasi. Penelitian bersifat kualitatif serta menggunakan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu pengamatan terhadap iklan sehingga makna dari pesan motivasi dapat terkonstruksi berdasarkan sudut pandang pemikiran peneliti Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pada iklan ini ada pesan-pesan yang ingin disampaikan yaitu Brand Identity dan Gaya Hidup. Brand identity mengarah pada apa yang kita lihat dan rasakan tentang sebuah brand dengan melihat visual mereka. Sedangkan gaya hidup masyarakat di perkotaan bagaimana masyarakat perkotaan yang memiliki situasi lingkungan yang berhubungan erat dengan jarak dan waktu. Melalui Iklan ini Go-jek ingin menyentuh dan mempersuasi masyarakat kelas menengah keatas bagaimana kehidupan mereka berjalan secara dinamis, seakan-akan waktu 24 jam tidak cukup Kata Kunci : Makna gaya hidup, Semiotika Ferdinand De Saussure, Brand Identity, Go-jek

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 19 014
NIM/NIDN Creators: 44315010035
Uncontrolled Keywords: Makna gaya hidup, Semiotika Ferdinand De Saussure, Brand Identity, Go-jek
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 14 Feb 2022 07:40
Last Modified: 11 Mar 2023 08:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55991

Actions (login required)

View Item View Item