DEVARI, RAFI (2019) MAKNA GAYA HIDUP PADA IKLAN GO-JEK VERSI “HIDUP TANPA BATAS ITU APA SIH” DI MEDIA YOUTUBE ( Studi Semiotika Ferdinand De Saussure ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. Abstrak.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. Surat Pernyataan.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
||
Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
||
Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (956kB) |
||
Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
Abstract
Beriklan merupakan salah satu bentuk dari komunikasi. Untuk mengkaji tanda dan simbol dalam iklan dapat menggunakan metode analisis semiotika. Semiotika adalah suatu disiplin ilmu dan metode analisis yang dimana untuk mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek yang bertujuan untuk mengetahui makna apa yang tekandung. Tujuan dari meneliti iklan ini untuk mengetahui bagaimana makna gaya hidup pada iklan Go-jek versi “Hidup Tanpa Batas Itu Apa Sih” di media Youtube. Teori yang digunakan adalah teori Semiotika Ferdinand De Saussure yang mejelaskan bahwa tanda memiliki unsur yang saling berhubungan yaitu penanda (signifier) dan petanda (signified), penanda yakni bunyi atau coretan bermakna, dan petanda yakni gambar atau konsep sesuatu dari penanda. Hubungan antara kedua konsep tersebut disebut signifikasi. Penelitian bersifat kualitatif serta menggunakan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu pengamatan terhadap iklan sehingga makna dari pesan motivasi dapat terkonstruksi berdasarkan sudut pandang pemikiran peneliti Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pada iklan ini ada pesan-pesan yang ingin disampaikan yaitu Brand Identity dan Gaya Hidup. Brand identity mengarah pada apa yang kita lihat dan rasakan tentang sebuah brand dengan melihat visual mereka. Sedangkan gaya hidup masyarakat di perkotaan bagaimana masyarakat perkotaan yang memiliki situasi lingkungan yang berhubungan erat dengan jarak dan waktu. Melalui Iklan ini Go-jek ingin menyentuh dan mempersuasi masyarakat kelas menengah keatas bagaimana kehidupan mereka berjalan secara dinamis, seakan-akan waktu 24 jam tidak cukup Kata Kunci : Makna gaya hidup, Semiotika Ferdinand De Saussure, Brand Identity, Go-jek
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PKP. 19 014 |
NIM/NIDN Creators: | 44315010035 |
Uncontrolled Keywords: | Makna gaya hidup, Semiotika Ferdinand De Saussure, Brand Identity, Go-jek |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 07:40 |
Last Modified: | 11 Mar 2023 08:05 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55991 |
Actions (login required)
View Item |