BUDAYA KOMUNIKASI DALAM KOMUNITAS @TUBIRFESS (STUDI NETNOGRAFI PADA KOMUNIKASI VIRTUAL AKUN @TUBIRFESS PERIODE 01 MARET – 19 APRIL 2019 DI TWITTER)

TANDI, RIZHFANY HEDWIG EXAUDIA (2019) BUDAYA KOMUNIKASI DALAM KOMUNITAS @TUBIRFESS (STUDI NETNOGRAFI PADA KOMUNIKASI VIRTUAL AKUN @TUBIRFESS PERIODE 01 MARET – 19 APRIL 2019 DI TWITTER). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL JUDUL)
1. Halaman Judul.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[img] Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)

Abstract

Media sosial twitter digunakan oleh sebagian pengguna untuk melihat berita dan informasi yang ramai dsiperbincangkan dan menjadi trending topic. Di twitter terdapat komunitas seperti fanbase @tubirfess yang digunakan oleh followersnya untuk bertukar informasi, berpendapat mengenai hal pribadi sender, maupun fenomena dan peristiwa yang sedang viral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui budaya komunikasi pada komunitas virtual akun fanbase @tubirfess dan karakter pengguna media sosial lewat interaksi di akun @tubirfess. Teori dalam penelitian adalah teori Interaksi Sosial, teori Sosialkultural, teori Computer Mediated Communication yang mempelajari perilaku manusia yang dibentuk dan diubah melalui pertukaran informasi yang termediasi komputer. Paradigma dari penelitian ini adalah pendekatan interpretif yang menginsterprestasi makna aksi sosial di dunia maya. Metodologi penelitian menggunakan metode penelitian netnografi yang meneliti pemaknaan teks pada akun @tubirfess. Metode ini dapat mengetahui pola komunikasi pada suatu komunitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kebiasaan dan perilaku antara kehidupan dunia virtual dan dunia nyata. Temuan penelitian berikutnya adalah budaya komunikasi dalam dunia virtual bersifat bebas namun tetap mengikuti peraturan yang berlaku, tidak dibatasi oleh waktu dan teritorial, spesifikasi teks pada komunitas virtual sifatnya terbuka dan transparan menggunakan bahasa informal. Kata kunci : Budaya Komunikasi Virtual, Komunitas Virtual, Netnografi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 19 225
Call Number: SK/43/19/053
NIM/NIDN Creators: 44314120058
Uncontrolled Keywords: Budaya Komunikasi Virtual, Komunitas Virtual, Netnografi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:38
Last Modified: 04 Sep 2023 04:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55940

Actions (login required)

View Item View Item