DIMITHRI, AZALIKA AYLA (2019) PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN GENERASI Z MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Komunitas JKTFoodbang di Instagram). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
01.Halaman Judul .pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENYATAAN)
03.SURAT PERNYATAAN.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04.LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05.KATA PENGANTAR.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06.DAFTAR ISI.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07.DAFTAR TABEL.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
08.Daftar Lampiran.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) |
||
Text (BAB II)
10.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
11.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
||
Text (BAB IV)
12.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
13.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) |
Abstract
Fenomena perilaku konsumen bersifat dinamis artinya selalu mengalami perubahan. Perubahan tersebut terjadi salah satunya adalah faktor perkembangan teknologi. Setiap individu telah terkoneksi satu dengan yang lain sehingga perilaku pembeliannya berubah dari keputusan pembelian secara individual berubah menjadi keputusan pembelian secara bersama-sama komunitasnya baik teman ataupun keluarganya salah satunya melalui media sosial Instagram. Instagram adalah media sosial berbagi foto yang mulai banyak digunakan untuk kepentingan komunikasi pemasaran karena menjadi aplikasi yang dekat dengan generasi muda saat ini, yaitu generasi Z dengan ciri khasnya yang mengedepankan pesan visual dan interaktivitas yang tinggi. Pemasaran menggunakan media sosial sedang populer khususnya di bidang kuliner. Salah satunya adalah akun JKTFoodbang yang memanfaatkan Instagram untuk memberi ulasan mengenai kuliner dari berbagai pengalaman konsumen juga untuk mempromosikannya. Teori yang digunakan adalah Customer Path 4.0 Hermawan Kartajaya 5A. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengambilan keputusan produk kuliner yang terjadi pada generasi Z dari tahap aware, appeal, ask, act,dan advocate melalui komunitas kuliner JKTFoodbang di Instagram. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi deskriptif. Subjek penelitian adalah kelompok generasi Z yang mengetahui atau mengikuti akun JKTFoodbang. Generasi Z memiliki pola perilaku pembelian yang relevan dengan customer path 5A yang terdiri dari aware, appeal, ask, act, dan advocate dalam melakukan pembelian produk kuliner di JKTFoodbang. Namun ditemukan perbedaan pada tahap awal sehingga pola perilaku pembeliannya yaitu Appeal → Aware → Ask → Act → Advocate. Adanya konektivitas mempengaruhi generasi Z untuk memutuskan pembelian produk kuliner berdasarkan pendapat atau ulasan orang lain. sehingga keputusan pembeliannya pun merupakan hasil keputusan pembelian bersama orang lain yang merekomendasikan produk kuliner. Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Generasi Z, Media Sosial
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PKP. 19 020 |
NIM/NIDN Creators: | 44314110068 |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Konsumen, Generasi Z, Media Sosial |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 003 Systems/Sistem-sistem > 003.5 Computer Modeling and Simulation/Model dan Simulasi Komputer 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 12 Feb 2022 12:37 |
Last Modified: | 11 Mar 2023 08:14 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55914 |
Actions (login required)
View Item |