STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM PENGUATAN IDENTITAS LEMBAGA (Sosialisasi Revitalisasi Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Tahun 2019)

PERMANA, MEDIKA YOGI (2020) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM PENGUATAN IDENTITAS LEMBAGA (Sosialisasi Revitalisasi Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Tahun 2019). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER NEW.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
08. BAB I NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB II)
09. BAB II NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (BAB III)
10. BAB III NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (BAB IV)
11. BAB IV NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text (BAB V)
12. BAB V NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. LAMPIRAN NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

This study aims to find out the communication strategies carried out by public relations in strengthening institutional identity through the socialization of Directorate General for Public Works Infrastructure and Housing Financing (Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan or DJPI) revitalization. By referring to the recent Presidential Regulation No. 135 Year 2018, there has been an extension of authority and responsibilities of the institution which are not only about housing financing system but also infrastructure financing system. This change is considered a major change since DJPI is currently responsible for the Government Cooperation with Business Entity (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha or KPBU) scheme across the country. It is important to convey to stakeholders that the current infrastructure financing system is not fully supported by the funding of State Budget (APBN) only but with assistance of investors. The research method used is a descriptive case study with qualitative approach. The Public Relations of Directorate General for Public Works Infrastructure and Housing Financing (DJPI) recently has organized activities such as socialization and publication on social media and own media in order to strengthen the institutional identity. Based on the strategies that have been implemented, any input and feedback from stakeholders is essential to establish two-way communication with Public Relations of Directorate General for Public Works Infrastructure and Housing Financing (DJPI). Keywords: Communication Strategy, Public Relations, Institutional Identity Studi ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh humas dalam penguatan identitas lembaga melalui sosialisasi revitalisasi Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI). Melihat adanya perubahan nomenklatur yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui Peraturan Presiden No 135 Tahun 2018 dimana terdapat perluasan sektor pekerjaan yang semula hanya menangani pembiayaan perumahan dengan adanya perubahan tersebut diperluas juga menangani sektor pembiayaan infrastruktur. Perubahan tersebut dinilai merupakan perubahan besar dikarenakan DJPI saat ini bertanggung-jawab atas skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) di seluruh Indonesia. Menjadi hal penting untuk disampaikan kepada stakeholder bahwasannya pemerintah dalam melaksanakan pembiayaan infrastruktur saat ini tidak lagi ditopang oleh dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) murni, melainkan dengan bantuan investor. Metode penelitian yang digunakan studi kasus deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Humas Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI) dalam melakukan penguatan identitas telah menyusun kegiatan pada tahun berjalan seperti sosialisasi dan publikasi pada media sosial serta own media. Dari strategi yang telah dijalankan, adanya timbal balik komunikasi dari stakeholder untuk dapat menjalin komunikasi dua arah dengan humas Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI). Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Humas, Identitas Lembaga

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 20 038
Call Number: TK/52/21/015
NIM/NIDN Creators: 55218110073
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Humas, Identitas Lembaga
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Putra Arsy Anugrah
Date Deposited: 22 Dec 2021 07:18
Last Modified: 04 Jul 2023 07:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50486

Actions (login required)

View Item View Item