FARIZI, THOMI (2018) PRESENTASI DIRI REMAJA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MELALUI FITUR SNAPGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
HAL-COVER.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA _ LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
Abstract
Penggunaan jejaring sosial Instagram sangat besar di kalangan masyarakat Indonesia khususnya pada Remaja yang merupakan pengguna jejaring media sosial terbesar di Indonesia, lalu di tengah maraknya kemunculan media sosial baru, Instagram mengusung Fitur Snapgram untuk menyaingi media sosial Snapchat. Hal tersebut pun tidak percuma dengan kemunculan Fitur Snapgram di dalam media sosial Instagram, membuat jumlah pengguna Instagram meningkat Drastis. Di dalam fitur Snapgram yang membuat kita dapat lebih ekspresif dalam mem-Presentasikan diri untuk menciptakan kesan dan citra diri kita terhadap khalayak, penggunaan Snapgram juga tidak lepas dari kepentingan dan tujuan yang ingin di capai dari pengguna fitur Snapgram di dalam media sosial Instagram itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi Strategi Presentasi diri yang di gunakan dalam mengunggah tampilan di Snapgram. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Studi kasus digunakan pada penelitian yang bertujuan menjawab pertanyaan “bagaimana” dan “mengapa” terhadap sesuatu yang diteliti. Melalui pertanyaan yang seperti itu, substansi mendasar yang terkandung didalam kasus yang diteliti dapat digali dengan mendalam. Peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam terhadap empat orang key informan yang masing-masing merupakan remaja pengguna aktif dari Fitur Snapgram dalam jejaring sosial Instagram dan telah menggunakan fitur di dalam jejaring sosial ini selama setahun. Hasil dari penelitian ini bahwa dalam unggahannya melalui Fitur Snapgram ada tujuan atau kepentingan dan Strategi dalam mem-presentasikan diri yang digunakan, pengguna memiliki pertimbangan dalam mengunggah aktivitas melalui Fitur Snapgram, serta bagaimana mereka mendapatkan respon atau tanggapan oleh orang lain melalui pengelolaan kesan yang mereka lakukan melalui Fitur Snapgram dalam jejaring sosial Instagram.
Actions (login required)
View Item |