PENGARUH ISI DAN PESAN PADA BERITA DI BULETIN "RESCUE NEWS" TERHADAP KEPUASAN PEGAWAI DALAM PEROLEHAN INFORMASI

Fuadunnas, Muhammad (2014) PENGARUH ISI DAN PESAN PADA BERITA DI BULETIN "RESCUE NEWS" TERHADAP KEPUASAN PEGAWAI DALAM PEROLEHAN INFORMASI. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
2 ABSTRAKSI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover)
1 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (BAB II)
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB III)
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB IV)
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (BAB V)
7 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
8 PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh isi pesan pada berita di media internal buletin “Rescue News” dalam mempublikasikan informasi mengenai kegiatan Badan SAR Nasional (Basarnas) oleh Bagian Humas terhadap kepuasan Pegawai Kantor Pusat Basarnas dalam perolehan informasi. Untuk menjawab masalah diatas, Peneliti menganalisa kejelasan isi pesan, kelengkapan isi pesan, kemudahan dipahami yang dirasakan pegawai Kantor Pusat Badan SAR Nasional. Tipe penelitian adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan teknik analisis jalur. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, kuesioner, studi kepustakaan, dan penelusuran data online. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Unit sampel adalah Pegawai Kantor Pusat Basarnas. Teknik analisis data, digunakan analisis jalur dengan software SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kejelasan isi pesan terhadap kepuasan pegawai signifikan dengan nilai sebesar 19%. Pengaruh kelengkapan isi pesan terhadap kepuasan pegawai signifikan, dengan nilai sebesar 10%. Pengaruh kemudahan dipahami terhadap kepuasan pegawai signifikan, dengan nilai sebesar 52,3%. Pengaruh variabel kejelasan isi pesan, kelengkapan isi pesan dan kemudahan dipahami pada berita di Buletin “Rescue News” secara gabungan terhadap kepuasan pegawai dalam perolehan informasi signifikan dengan nilai sebesar 62,3%. Korelasi antara variabel kejelasan isi pesan dan kelengkapan isi pesan sebesar 0,929, korelasi sangat kuat dan searah. Korelasi antara variabel kelengkapan isi pesan dan kemudahan dipahami sebesar 0,865 (korelasi sangat kuat dan searah). Korelasi antara variabel kejelasan isi pesan dan kemudahan dipahami sebesar 0,888 (korelasi sangat kuat dan searah). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kejelasan isi pesan, kelengkapan isi pesan dan kemudahan dipahami berpengaruh terhadap kepuasan pegawai dalam perolehan informasi. Peneliti menyarankan kepada Bagian Humas Badan SAR Nasional, penulisan isi berita pada Buletin “Rescue News” harus memperhatikan kejelasan isi pesan, kelengkapan isi pesan dan kemudahan dipahami agar Pegawai Kantor Pusat Basarnas puas dalam memperoleh informasi.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-14-072
Call Number: 52/MIB/2014/009
NIM/NIDN Creators: 55211120044
Uncontrolled Keywords: Media Industri dan Bisnis;MEDIA
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 29 Mar 2018 02:58
Last Modified: 25 Feb 2023 07:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41426

Actions (login required)

View Item View Item