HADDY, LA RAYHAN (2018) EFEK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM) BAHAYA MEROKOK DI TELEVISI TERHADAP MAHASISWA PEROKOK UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (30kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
||
Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
||
Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
||
Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
Abstract
Iklan layanan masyarakat merupakan sebuah bentuk program komunikasi massa untuk pengkomunikasian pesan atas nama maksud baik. Iklan layanan masyarakat memiliki tujuan untuk memberikan informasi, mempengaruhi atau mengingatkan kembali tentang gagasan–gagasan khusus yang menyangkut fakta dan latar belakang atau penyebab terjadinya suatu gejala sosial tertentu. Berdasarkan data Riskesdas, Inonesia mengalami peningkatan perokok pada masyarakat yang berusia 15 – 24 tahun yang kebanyakan adalah pelajar dan mahasiswa. Kemenkes menanggapi hal tersebut dengan membuat suatu kampanye kesehatan yang didalamnya termasuk pemutaran iklan layanan masyarakat berisi penyakit akibat merokok dengan tujuan mengurangi jumlah perokok di Indonesia. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara terpaan iklan layanan masyarakat terhadap efek media pada penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif, dimana dalam penelitian ini berkaitan dengan pengumpulan dan penyusunan data untuk meneliti hubungan yang terjadi antara variabel – variabel tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menyebar kuesioner ke beberapa sample dari populasi yang ditentukan sebelumnya. Hasil penelitian ini membahas mengenai pengaruh terpaan iklan atau efek media iklan layanan masyarakat mengenai bahaya merokok terhadap mahasiswa perokok, melalui uji variable dimana dijelaskan dengan dimensi Kognitif, Afektif dan Behavioral. Kemudian didapat kesimpulan bahwa iklan layanan masyarakat mengenai bahaya merokok kurang efektif atau tidak terjadi perubahan signifikan terhadap penonton iklan tersebut yaitu para mahasiswa perokok Mercu Buana Jakarta.
Actions (login required)
View Item |