SETYAWAN, IRWAN (2014) STRATEGI SURAT KABAR BERTAHAN HIDUP DARI GEMPURAN MEDIA ONLINE(studi kasus pada Harian Jawa Pos Periode 2008-2014). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
1-Cover Tesis.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2-ABSTRAK.pdf Download (151kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
3-BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (Bab 2)
4-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (Bab 3)
5-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (Bab 4)
6-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text (Bab 5)
7-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
8-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Fenomena ambruknya industri surat kabar di Amerika Serikat, yang terjadi sekitar akhir tahun 2008 lalu, menimbulkan kecemasan yang hebat di kalangan pengelola koran di dunia. Banyak yang berpendapat, kematian surat kabar akan terjadi lebih cepat dari perkiraan. Yang dituding sebagai ‘’pembunuh’’ surat kabar tak lain adalah teknologi Internet dan media digital. Kecemasan yang melanda industri surat kabar AS ini dengan cepat menyebar ke berbagai penjuru dunia. Tak terkecuali Indonesia, yang baru saja merasakan kebebasan pers sejak terjadinya reformasi sekitar tahun 1998. Kecemasan ini makin memuncak mengingat tren penjualan koran di tanah air dilaporkan terus mengalami penurunan sejak beberapa tahun terakhir. Meski dilihat dari pendapatan iklan sebenarnya terus mengalami kenaikan. Lantas, langkah apa saja yang dilakukan surat kabar di tanah air untuk menghadapi situasi ini? Jawa Pos merupakan salah satu media ditanah air yang sangat serius mengantisipasi fenomena kebangkrutan media cetak di dunia. Terbukti, sederet strategi langsung diterapkan agar industri surat kabar tidak mengalami nasib seperti di negeri Paman Sam. Menurut penulis, menjadi sangat penting untuk melihat kondisi surat kabar di Indonesia setelah ambruknya industri media cetak di Amerika Serikat. Untuk memahami fenomena yang terjadi, penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Tipe penelitiannya menggunakan deskriptif, di mana peneliti mendeskripsikan atau mengkonstruksi wawancara dan observasi data yang ada. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori ekonomi media, ekologi media dan manajemen media. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran bagaimana situasi dan kondisi Jawa Pos dalam menghadapi persaingan dengan media online dan strategi apa saja yang dilakukan oleh surat kabar iniuntuk mempertahankan eksistensinya. Hasilnya, meski dalam kondisi stabil, bahkan pendapatan iklan tetap naik, Jawa Pos sangat serius untuk mengantisipasi persaingan dengan media online. Bahkan untuk mempertahankan eksistensinya, Jawa Pos menerapkan tiga strategi utama, yaitu reinvention, the power of youth dan part of the show philosophy.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-14-063 |
Call Number: | 52/MIB/2014/017 |
NIM/NIDN Creators: | 55210110077 |
Uncontrolled Keywords: | surat kabar, industri surat kabar, persaingan media, strategi media, media online, newspaper, newspaper industry, media competition, strategy media, media online, MEDIA, manajemen bisnis dan industri media |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sepria Mikel |
Date Deposited: | 29 Mar 2018 03:14 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 04:16 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41255 |
Actions (login required)
View Item |