HAFIRUDIN, LA ODE (2016) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK RIDWAN BAE DALAM MEMENANGKAN PEMILU. S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (965kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Ir. Ridwan Bae berhasil mendapatkan dukungan masyarakat dan terpilih sebagai anggota DPR-RI untuk periode 2014-2019, setelah tidak terpilih sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara untuk periode 2012-2017. Banyak orang mencoba mencalonkan dirinya menjadi pimpinan daerah mulai dari tingkat RT, RW, Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga menduduki kursi DPR/MPR RI, sehingga diperlukan strategi komunikasi politik yang tepat untuk mendapatkan partisipasi atau dukungan dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap, mengurai, serta menjelaskan strategi komunikasi politik Ridwan Bae dalam memenangkan Pemilu DPR-RI periode 2014-2019 Dapil Sulawesi Tenggara dan mengungkap peran Relawan Ridwan Bae mendapatkan partisipasi masyarakat untuk memenangkan Pemilu DPR-RI periode 2014-2019 Dapil Sulawesi Tenggara. Guna mencapai tujuan untuk mengungkap strategi komunikasi politik dan peran Relawan Ridwan Bae tersebut, maka digunakan metode penelitian studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui wawancara serta berupa catatan-catatan dari dokumen yang terdapat di Sulawesi Tenggara yang relefan dengan permasalahan penelitian. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa strategi komunikasi politik Ridwan Bae telah terencana sejak 20 tahun lalu yakni dari tahun 1994 sampai dengan 2014, dengan pelaksanaan strategi komunikasi politik melalui Ketokohan dan Kelembagaan, Menciptakan Kebersamaan, dan Membangun Konsensus. Sedangkan peran Relawan Ridwan Bae adalah mensosialisasikan Ir. Ridwan Bae, menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa Ir. Ridwan Bae mencalonkan diri sebagai anggota DPR-RI, serta menyampaikan tentang sosok kepemimpinan Ir. Ridwan Bae. Pada kesimpulan, dalam strategi komunikasi politik, komunikator politik seyogyanya telah mempersiapkan strategi dari jauh hari sebelum pemilihan dan selalu melakukan komunikasi secara intens dengan masyarakat tanpa melihat strata atau golongan masyarakat agar mendapatkan dukungan atau partisipasi politik dari masyarakat dan dipilih pada saat pemilihan
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-16-015 |
Call Number: | 52/PCOM/2016/017 |
NIM/NIDN Creators: | 55214110004 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Politik, Calon Anggota DPR-RI Ridwan Bae, Pemilu, Strategy, Political Communication, Initiate Parliament Of Indonesia RidwanBae, General Election, KOMPOL, komunikasi politik |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 04:06 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 04:15 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39552 |
Actions (login required)
View Item |