Uluwan, Ahmad (2009) PERANCANGAN KERANGKA PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD DI PT. PASARAYA MANGGARAI. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Hal Cover)
COVER.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRACT english.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak indonesia.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
pengesahan.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (Lembar Pernyataan)
PERYATAAN.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (Kata Pengantar)
kata pengantar.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Tabel)
DAFTAR TABEL.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Gambar)
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (22kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
BAB I LATAR BELAKANG MASALAH-3 ok!.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
||
Text (Bab 2)
BAB II COMPANY PROFILE-1ok!.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
||
Text (Bab 3)
BAB III STUDI PUSTAKA-1ok!.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text (Bab 4)
Bab 4 Edit.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
||
Text (Bab 5)
BAB V PEMBAHASAN ok!.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
||
Text (Bab 6)
BAB VI KESIMPULAN .pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka edit.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
||
Text (Lampiran)
KUESIONER.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
Abstract
Pengukuran kinerja yang hanya berdasarkan pada aspek keuangan mulai dirasakan tidak memadai dalam menilai kinerja suatu perusahaan, kinerja perusahaan meliputi aspek yang sangat luas. Balanced scorecard menjawab tantangan itu. Dalam perspektif balanced scorecard, kinerja perusahaan paling tidak harus dilihat dalam empat aspek kinerja, yaitu aspek keuangan (finansial), pelanggan (Costumers), Proses internal bisnis (Internal Bussines Process), dan pembelajaran serta pertumbuhan (Learning and Growth). Dengan balanced scorecard perusahaan mampu mengembangkan ukuran- ukuran kinerja yang bersumber dari visi dan misi perusahaan, sehingga perusahaan mampu memberikan focus pada strategi yang digunakan untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Penelitian ini menemukan bahwa beberapa ukuran yang digunakan oleh PT. Pasaraya Manggarai belum mencerminkan strategi secara utuh. Disamping itu, beberapa faktor yang diperlukan dalam menunjang keberhasilan penerapan balanced scorecard. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah membuat kerangka pengukuran kinerja dengan menggunakan metode balanced scorecard. Penulis melakukan penelitian dengan wawancara kepada pimpinan tertinggi di PT. Pasaraya Manggarai serta kepada seluruh level eksekutif yang ada. melakukan observasi lapangan dan melakukan pendekatan kepada pelanggan. penulis mengidentifikasikan beberapa indikator-indikator seperti dalam perspektif keuangan adanya korelasi antara effisiensi biaya dengan jumlah promosi serta peningkatan kepuasan pelanggan, kemudian dalam perspektif pelanggan, kepuasan pelanggan ditentukan oleh banyaknya barang serta servis yang diberikan oleh karyawan di PT. Pasaraya Manggarai. Dalam proses internal bisnis penulis menemukan korelasi antara penambahan supplier baru dan meningkatkan stock juga mempengaruhi kepuasan pelanggan. Dalam perspektif pertumbuhan dan pembelajaran penulis mengidentifikasikan peningkatan produktifitas karyawan serta peningkatan motivasi kerja untuk mencapai budaya kerja yang unggul ditentukan oleh kompetensi karyawan untuk itu peran serta SDM sangat menunjang keberhasilan perusahaan tersebut. Dari hasil penelitian tersebut penulis membuat tabel indikator untuk penerapan balanced scorecard di PT. Pasaraya Manggarai.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-551-09-049 |
Call Number: | TM/10/134 |
NIM/NIDN Creators: | 55105120078 |
Uncontrolled Keywords: | msdm, manajemen sumber daya manusia |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 02 Jun 2010 11:38 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 04:25 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26873 |
Actions (login required)
View Item |