Persepsi Mahasiswa Mercubuana Terhadap Iklan Televisi BKKBN Program Genre Versi Jangan Buru-Buru

Puranti, Riska (2011) Persepsi Mahasiswa Mercubuana Terhadap Iklan Televisi BKKBN Program Genre Versi Jangan Buru-Buru. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal cover.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Media iklan televisi adalah salah satu media penunjang untuk melakukan suatu promosi. Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), mengembangkan program Generasi Berencana (GenRe), yang ditujukan langsung kepada remaja (usia 18 – 24 tahun). Selama ini program dilakukan hanya pada pasangan usia subur dan keluarga saja, sekarang sasaran program keluarga berencana ditujukan kepada remaja. Salah satu versi iklan BKKBN program Gennerasi Berencan adalah versi Jangan buru-buru, yang menceritakan sepasang pemuda dan pemudi yang merencanakan kapan akan menikah, kapan punya anak dan mengatur jarak kelahiran. Iklan BKKBN versi Jangan burru-buru ini berdurasi 28 detik dan sepanjang iklan diiringi oleh jingle iklan yang dinyanyikan oleh endoser/model artisnya.Karena hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai persepsi masyarakat terhadap iklan televisi BKKBN program GenRe versi Jangan Buru-Buru Teori yang digunakan sebagai dasar penelitian ini adalah Stimulus, organisme, respons yang berhubungan dengan proses persepsi yang dikemukakan oleh Jalaludin Rakhmat dimana persepsi akan dilihat dari 3 tahap, yaitu: Perhatian (Atensi), Penafsiran (Interpretasi), dan Pengetahuan (Kognisi). Penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data penulis menggunakan metodee survey yaitu dengan cara pengambilan sampel dari suatu populasi dengan membagikan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Kuseioner dibagikan kepada 93 responden khalayak Mahasiswa Mercu Buana Fakultas Komunikasi Angkatan 2008 – 2010. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa responden cenderung memberikan respon positif atas iklan BKKBN Program GenRe versi Jangan Buruburu di Televisi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 11 001
Call Number: SK/43/11/060
NIM/NIDN Creators: 44308120001
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa, Iklan Televisi BKKBN
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast > 070.195 Television/Televisi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Jan 2012 11:15
Last Modified: 11 Jan 2025 05:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18277

Actions (login required)

View Item View Item