CUSTOMER RETENTION MARKETING BUSINESS TO BUSINESS PT. FLORA SAWITA CHEMINDO DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS CUSTOMER PERIODE MARET 2011-MEI 2011

ANGGRAENI, DIAH (2011) CUSTOMER RETENTION MARKETING BUSINESS TO BUSINESS PT. FLORA SAWITA CHEMINDO DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS CUSTOMER PERIODE MARET 2011-MEI 2011. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstraksi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)

Abstract

PT. Flora Sawita Chemindo, adalah perusahaan yang bergerak dibidang industri manufacturing pengolahan hasil turunan Crude Palm Oil (CPO), PT. Flora Sawita Chemindo menghadapi persaingan yang begitu ketat dalam business to business (B2B) di sektor usaha tersebut. Demi mempertahankan pelanggannya, PT. Flora Sawita Chemindo merasa perlu untuk menerapkan strategi Customer Retention Marketing (CRM). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses perencanaan dan implementasi Customer Rentention Marketing di PT. Flora Sawita Chemindo, dalam mempertahankan loyalitas pelanggannya periode Maret 2011 sampai dengan Mei 2011. PT. Flora Sawita Chemindo telah memahami bahwa pelanggan adalah aset penting bagi kelangsungan usaha mereka. Perusahaan akan berusaha mempertahankan pelanggannya, karena mereka menyadari bahwa biaya untuk menarik pelanggan baru lebih tinggi dari pada mempertahankan pelanggan tetap. Hasil yang diperoleh dari mempertahankan pelanggan loyal inilah yang dinilai lebih efektif dan efisien. Konsep yang penulis gunakan untuk penelitian ini adalah komunikasi pemasaran one to one marketing, dalam membina customer relationship management dan fokus pada retensi/perawatan pelanggan B2B yang telah ada (customer retention), sehingga dapat membangun loyalitas pelanggan dengan memberikan pelayanan yang bernilai (services with value). Dengan menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan studi kepustakaan serta studi dokumen dan data yang terkait dengan penerapan customer retention marketingB2B di PT. Flora Sawita Chemindo yang bertujuan untuk membangun loyalitas pelanggan dengan pelayanan yang bernilai. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan customer retention marketing yang dilakukan oleh PT. Flora Sawita Chemindo memberikan kontribusi seperti operational excellent, product leadership, dan customer intimacy dapat membangun loyalitas pelanggan khususnya pelanggan bisnis ke bisnis (B2B) dengan menambahkan nilai pada setiap layanan kepada pelanggan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/VC. 11 021
Call Number: SK/43/11/057
NIM/NIDN Creators: 44306120016
Uncontrolled Keywords: CUSTOMER RETENTION MARKETING, LOYALITAS CUSTOMER
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Mar 2012 15:02
Last Modified: 16 Jan 2025 07:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18255

Actions (login required)

View Item View Item