PERAN INFLUENCER DALAM OPTIMALISASI APLIKASI TITKOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DIGITAL PRODUK SCARLETT

ALANA, RENDA (2025) PERAN INFLUENCER DALAM OPTIMALISASI APLIKASI TITKOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DIGITAL PRODUK SCARLETT. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)

Abstract

TikTok, as a social media platform, offers great potential as a promotional tool, particularly in video and music-based digital marketing. As a marketing tool, TikTok can help reach a wider market share and attract more consumers. One example of a business using TikTok as a marketing platform is Scarlett, a beauty brand actively participating in the TikTok ecosystem in Indonesia. The purpose of this study is to examine the role of influencers in optimizing the TikTok app as a digital promotional medium for Scarlett products. This study uses qualitative research, with data collection techniques conducted through observation, interviews, and content analysis. The results show that the strategy used by influencers in optimizing Scarlett product promotional content on TikTok prioritizes a natural and creative approach, with a focus on relatable storytelling and the use of humor to subtly insert products into sketches or everyday stories that follow the trends and tastes of the young audience on the platform. This approach successfully attracts attention without appearing pushy, while also building a strong emotional connection between influencers and their followers. In implementing promotions, influencers consider important factors such as honesty, consistency with personal character, and active interaction with the audience to be crucial for building trust and effective communication. As a suggestion, the brand can expand the variety of content and types of activities on TikTok, as well as explore collaborations with influencers who have different styles to enhance audience engagement and broaden the reach of promotions organically Keywords: influencer; optimization of the TikTok application; promotional media; digital products; Scarlet TikTok sebagai platform media sosial menawarkan potensi besar sebagai alat promosi, terutama dalam digital marketing yang berbasis video dan musik. TikTok sebagai alat pemasaran mampu membantu mencapai pangsa pasar yang lebih luas dan menarik minat lebih banyak konsumen. Salah satu contoh bisnis yang menggunakan TikTok sebagai platform pemasaran adalah Scarlett, sebuah brand kecantikan yang aktif berpartisipasi dalam ekosistem TikTok di Indonesia. Tujuan penelitian ini Adalah untuk mengkaji peran influencer dalam optimalisasi aplikasi titkok sebagai media promosi digital produk Scarlett. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini akan dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha yang digunakan influencer dalam mengoptimalkan konten promosi produk Scarlett di TikTok mengedepankan pendekatan yang natural dan kreatif, dengan fokus pada storytelling yang relatable serta penggunaan humor untuk menyisipkan produk secara halus (Softselling) dalam sketsa atau cerita keseharian yang mengikuti tren dan selera audiens muda di platform tersebut. Pendekatan ini berhasil menarik perhatian tanpa terkesan memaksa, sekaligus membangun kedekatan emosional yang kuat antara influencer dan pengikutnya. Dalam pelaksanaan promosi, influencer menilai bahwa faktor penting seperti kejujuran, konsistensi dengan karakter pribadi, serta interaksi aktif dengan audiens sangat krusial untuk membangun kepercayaan dan efektivitas komunikasi. Sebagai saran, brand dapat memperluas variasi konten dan jenis aktivitas di TikTok, serta mengeksplorasi kolaborasi dengan influencer yang memiliki gaya berbeda untuk meningkatkan keterlibatan audiens dan memperluas jangkauan promosi secara organik. Kata Kunci: influencer; optimalisasi aplikasi Titkok; media promosi; digital produk; Scarlett

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 25 044
NIM/NIDN Creators: 55222120003
Uncontrolled Keywords: influencer; optimalisasi aplikasi Titkok; media promosi; digital produk; Scarlett
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 25 Oct 2025 03:26
Last Modified: 25 Oct 2025 03:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99781

Actions (login required)

View Item View Item