PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK KAMPANYE DIGITAL TENTANG PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA DI LINGKUNGAN MASYARAKAT INDONESIA

MUZAINI, ABDULLAH AZAM AL (2023) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK KAMPANYE DIGITAL TENTANG PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA DI LINGKUNGAN MASYARAKAT INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)

Abstract

Human rights violations are a serious problem in Indonesian society and efforts are needed to increase public awareness and understanding of the importance of human rights. This research will combine the principles of visual communication design with the aim of creating effective and attractive campaigns for the target audience which consists of the general public who use social media. Motion graphics were chosen as the main media because of their advantages in conveying complex and attention-grabbing messages through a combination of animation, graphics, and text. The research methodology includes literature studies on human rights, visual communication design, and the use of social media as a campaign tool. In addition, surveys and interviews will also be conducted to collect data on the level of public awareness regarding human rights and their preference for social media. The results of this research are expected to contribute to increasing the understanding and awareness of the Indonesian people about human rights. The designed campaign will provide clear and easy-to-understand information through social media, so that it can reach a wider target audience. It is hoped that this campaign can trigger changes in people's behavior and attitudes towards human rights violations and inspire more positive actions and support human rights in Indonesia. Keywords: Human Rights, Social Media, Motion Graphics, Visual Communication Pelanggaran hak asasi manusia merupakan masalah yang serius di lingkungan masyarakat Indonesia dan perlu upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya hak asasi manusia. penelitian ini akan menggabungkan prinsip-prinsip desain komunikasi visual dengan tujuan untuk menciptakan kampanye yang efektif dan menarik bagi target audiens yang terdiri dari masyarakat umum yang menggunakan media sosial. Motion graphic dipilih sebagai media utama karena kelebihannya dalam menyampaikan pesan yang kompleks dan menarik perhatian melalui kombinasi animasi, grafis, dan teks, Metodologi penelitian ini meliputi studi literatur tentang hak asasi manusia, desain komunikasi visual, dan penggunaan media sosial sebagai alat kampanye. Selain itu, juga akan dilakukan survei dan wawancara untuk mengumpulkan data tentang tingkat kesadaran masyarakat terkait hak asasi manusia dan preferensi mereka terhadap media social, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat Indonesia tentang hak asasi manusia. Kampanye yang dirancang akan memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami melalui media sosial, sehingga dapat mencapai target audiens yang lebih luas. Diharapkan, kampanye ini dapat memicu perubahan perilaku dan sikap masyarakat terhadap pelanggaran hak asasi manusia serta menginspirasi tindakan yang lebih positif dan mendukung hak asasi manusia di Indonesia. Kata kunci : Hak Asasi Manusia, Sosial Media, Motion Grafis, Komunikasi Visual

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 25 111
NIM/NIDN Creators: 42319010047
Uncontrolled Keywords: Hak Asasi Manusia, Sosial Media, Motion Grafis, Komunikasi Visual
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.3 Bibliographies by Specific Forms/Bibliografi dan Katalog dengan Bentuk Khusus > 011.37 Visual and Audio Visual Media/Media Visual dan Audio Visual
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.5 Campaigns for Nominations/Kampanye
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.9 Political Campaigns/Kampanye Politik
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 18 Oct 2025 07:45
Last Modified: 18 Oct 2025 07:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99453

Actions (login required)

View Item View Item