PERANCANGAN ULANG VISUAL BRAND RPTRA PUSPA INDAH BERDASARKAN VALUE DAN USP UNTUK MEMPROMOSIKAN PADA MASYARAKAT SEKITAR

HUMAIRAH, KHANZA AISYAH (2025) PERANCANGAN ULANG VISUAL BRAND RPTRA PUSPA INDAH BERDASARKAN VALUE DAN USP UNTUK MEMPROMOSIKAN PADA MASYARAKAT SEKITAR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)

Abstract

The visual identity design for RPTRA Puspa Indah aims to create an effective visual and branding strategy to strengthen its image as a childfriendly integrated public space. The study's core values, USP, appropriate visual design, and promotional tactics were all examined in this study using a descriptive qualitative approach. Based on the study's findings, RPTRA Puspa Indah has significant potential to develop as a public activity center due to its comprehensive educational facilities and services, including free tutoring. The visual strategy included a logo redesign, the creation of a consistent visual identity system, and its implementation across various promotional media, such as posters, clothing, and social media. The graphic approach emphasizes inclusivity, togetherness, and joy through colorful, friendly, and communicative design components. Based on respondents' feedback, the logo successfully reflects the RPTRA's values visually. This design is intended to increase community participation and strengthen RPTRA Puspa Indah as an informative and welcoming public space. Keywords: RPTRA Puspa Indah, Visual Identity, Branding Strategy Perancangan identitas visual RPTRA Puspa Indah bertujuan menciptakan strategi visual dan branding yang efektif untuk memperkuat citra sebagai ruang publik terpadu ramah anak. Nilai-nilai dasar, USP, desain visual yang sesuai, dan taktik promosi semuanya dikaji dalam studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan temuan studi, RPTRA Puspa Indah memiliki potensi besar untuk berkembang sebagai pusat kegiatan publik karena fasilitas dan layanan edukasinya yang lengkap, termasuk bimbingan belajar gratis.Strategi visual mencakup perancangan ulang logo, penciptaan sistem identitas visual yang konsisten, dan penerapannya di berbagai media promosi, seperti poster, pakaian, dan media sosial. Pendekatan grafis menekankan inklusivitas, kebersamaan, dan kegembiraan melalui komponen desain yang penuh warna, ramah, dan komunikatif. Berdasarkan ulasan responden, logo tersebut berhasil mencerminkan nilai-nilai RPTRA secara visual. Desain ini dirancang untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan memperkuat RPTRA Puspa Indah sebagai ruang publik yang informatif dan ramah. Kata kunci: RPTRA Puspa Indah, Identitas Visual, Strategi Branding

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 25 087
NIM/NIDN Creators: 42321010088
Uncontrolled Keywords: RPTRA Puspa Indah, Identitas Visual, Strategi Branding
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.3 Bibliographies by Specific Forms/Bibliografi dan Katalog dengan Bentuk Khusus > 011.37 Visual and Audio Visual Media/Media Visual dan Audio Visual
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 303 Social Process/Proses Sosial > 303.3 Coordination and Control/Koordinasi dan Kontrol > 303.38 Public Opinion/Opini Publik
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 920 Biography, Obituary/Biografi, Obituari > 929 Genealogy, names, insignia > 929.9 Forms of Identifications/Bentuk-bentuk Identifikasi > 929.95 Service arks and Trademarks/Tanda Layanan dan Merk
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 30 Aug 2025 07:52
Last Modified: 30 Aug 2025 07:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97298

Actions (login required)

View Item View Item