ANALISIS TINGKAT KOMPETISI, PENAWARAN HARGA, DAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP DAYA SAING UNTUK PENYUSUNAN MODEL STRATEGI BAGI KONTRAKTOR KECIL

MEIHADI, RESTU (2025) ANALISIS TINGKAT KOMPETISI, PENAWARAN HARGA, DAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP DAYA SAING UNTUK PENYUSUNAN MODEL STRATEGI BAGI KONTRAKTOR KECIL. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The construction industry in Indonesia contributes 10.06% to the national economy, ranking fourth (BPS, 2024). More than 77% of construction enterprises are classified as small contractors, resulting in intense competition. This study aims to identify effective strategies to enhance the competitiveness of small contractors. The SEM-PLS analysis using SmartPLS 4 reveals that the Competition Level (X1) does not have a significant direct effect on Competitiveness (Y), with a T-statistic of 0.509 and a P-value of 0.611. In contrast, Price Quote (X2) and Human Resources (Z) show significant direct effects, with T-statistics of 2.917 and 4.710, and P-values of 0.004 and 0.000, respectively. Although Human Resources is a dominant factor, it does not significantly moderate the relationship between Competition Level or Price Quote and Competitiveness, as indicated by T-statistics below the critical value and P-values above 0.05. The study proposes five strategic models for improving the competitiveness of small contractors: (a) collaborative and partnership strategies; (b) efficiency and financing strategies; (c) human resource strengthening strategies; (d) digitalization and project administration strategies; and (e) adaptive strategies in response to tender threats. Keywords: Competition Level, Price Quote, Human Resources, Competitiveness, SEMPLS, Strategic Model Industri konstruksi di Indonesia memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional sebesar 10,06% menempati posisi keempat (BPS, 2024). Lebih dari 77% badan usaha konstruksi tergolong kontraktor kecil, sehingga persaingan menjadi sangat ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang efektif dalam meningkatkan Daya Saing kontraktor kecil. Analisis SEM PLS menggunakan SmartPLS 4 menunjukkan bahwa variabel Tingkat Kompetisi (X1) tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap Daya Saing (Y) dengan T-statistik 0.509 dan P-value 0.611. Sebaliknya, Penawaran Harga (X2) dan Sumber Daya Manusia (Z) memiliki pengaruh langsung yang signifikan dengan Tstatistik 2.917 dan 4.710 serta P-value 0.004 dan 0.000. Meskipun Sumber Daya Manusia merupakan faktor dominan, variabel ini tidak berperan sebagai moderator yang signifikan dalam hubungan antara Tingkat Kompetisi maupun Penawaran Harga terhadap Daya Saing karena nilai T-statistik lebih kecil dari T-tabel dan P-value di atas 0.05. Penelitian ini menghasilkan lima model strategi peningkatan daya saing kontraktor kecil melalui (a) strategi kolaboratif dan hubungan mitra; (b) strategi efisiensi dan pembiayaan; (c) strategi penguatan sumber daya manusia; (d) strategi digitalitasi dan administrasi proyek; serta (e) strategi adaptif terhadap ancaman tender. Kata kunci: Tingkat Kompetisi, Penawaran Harga, Sumber Daya Manusia, Daya Saing, SEM PLS, Model Strategi

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/557. 25 046
NIM/NIDN Creators: 55723110012
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kompetisi, Penawaran Harga, Sumber Daya Manusia, Daya Saing, SEM PLS, Model Strategi
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 27 Aug 2025 04:41
Last Modified: 27 Aug 2025 04:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97157

Actions (login required)

View Item View Item