STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DAIHATSU SUNTER DALAM MENINGKATKAN KONSUMEN PADA LAYANAN HOME SERVICE PERIODE 2024

ANDRIKA, AULIA PUTRI (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DAIHATSU SUNTER DALAM MENINGKATKAN KONSUMEN PADA LAYANAN HOME SERVICE PERIODE 2024. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The background of this study is based on the increasing competition in the automotive industry, which encourages companies to pay more attention to consumer needs and comfort. Daihatsu Sunter, as one of the leading car dealers, presents a home service as a solution to make it easier for consumers to carry out vehicle maintenance without having to come to the workshop. This service is very relevant considering the high level of consumer activity and the need for easy access. However, although this service has great potential, an effective marketing communication strategy is needed to increase the number of consumers who use it. The purpose of this study is to identify and analyze the marketing communication strategy implemented by Daihatsu Sunter in increasing the number of consumers in the home service during the 2024 period. This study also aims to evaluate the extent to which the strategy is effective in attracting new consumers and maintaining the loyalty of old consumers. The theory used in this study is the marketing communication strategy stage of the theory put forward by Moriarty (2009) which emphasizes the importance of using various integrated communication channels to create consistent and effective messages in influencing consumer behavior. The research method used is a qualitative approach with a case study method. Data were collected through in-depth interviews with Daihatsu Sunter management and consumers who have used home service. In addition, observations of marketing activities and analysis of documentation related to the strategies implemented by the company were also conducted. The results of the study showed that Daihatsu Sunter uses various marketing communication strategies including the use of social media, website promotion, email marketing, and responsive customer service. In addition, direct communication through the call center and customer service is an important aspect in building a more personal relationship with consumers. Evaluation of the effectiveness of this strategy shows that the implementation of integrated communication has succeeded in increasing consumer awareness of home service and has a positive impact on consumer loyalty. Keywords: Marketing communication strategy, Home Service, Daihatsu Sunter, consumers. Latar belakang penelitian ini didasari oleh semakin tingginya persaingan dalam industri otomotif, yang mendorong perusahaan untuk lebih memperhatikan kebutuhan dan kenyamanan konsumen. Daihatsu Sunter, sebagai salah satu dealer mobil terkemuka, menghadirkan layanan home service sebagai solusi untuk memudahkan konsumen dalam melakukan perawatan kendaraan tanpa harus datang ke bengkel. Layanan ini menjadi sangat relevan mengingat kesibukan konsumen yang tinggi dan kebutuhan akan kemudahan akses. Namun, meskipun layanan ini berpotensi besar, perlu adanya strategi komunikasi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan jumlah konsumen yang memanfaatkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Daihatsu Sunter dalam meningkatkan jumlah konsumen pada layanan home service selama periode 2024. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana strategi tersebut efektif dalam menarik konsumen baru serta mempertahankan loyalitas konsumen lama. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahap strategi komunikasi pemasaran teori yang dikemukakan dari Moriarty (2009) yang menekankan pentingnya penggunaan berbagai saluran komunikasi yang saling terintegrasi untuk menciptakan pesan yang konsisten dan efektif dalam mempengaruhi perilaku konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak manajerial Daihatsu Sunter serta konsumen yang pernah menggunakan layanan home service. Selain itu, observasi terhadap aktivitas pemasaran dan analisis dokumentasi terkait strategi yang diterapkan oleh perusahaan juga dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Daihatsu Sunter menggunakan berbagai strategi komunikasi pemasaran yang meliputi penggunaan media sosial, promosi melalui website, email marketing, serta layanan pelanggan yang responsif. Selain itu, komunikasi langsung melalui call center dan customer service menjadi salah satu aspek penting dalam membangun hubungan yang lebih personal dengan konsumen. Evaluasi terhadap efektivitas strategi ini menunjukkan bahwa penerapan komunikasi yang terintegrasi berhasil meningkatkan kesadaran konsumen terhadap layanan home service dan memberikan dampak positif terhadap loyalitas konsumen. Kata Kunci: Strategi komunikasi pemasaran, layanan Home Service, Daihatsu Sunter, konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 25 062
NIM/NIDN Creators: 44322120025
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi pemasaran, layanan Home Service, Daihatsu Sunter, konsumen.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.5 Service to Users/Layanan Kepada Pengguna Perpustakaan > 025.52 Reference and Information Services/Layanan Referensi dan Informasi > 025.523 Cooperative Information Services/Layanan Informasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 303 Social Process/Proses Sosial > 303.3 Coordination and Control/Koordinasi dan Kontrol > 303.32 Sosialization/Sosialisasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:10
Last Modified: 20 Aug 2025 03:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96906

Actions (login required)

View Item View Item