AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN PROPERTI PADA INSTAGRAM EMERALD LAND DEVELOPMENT (PERIODE JULI 2023 - JULI 2024)

FIRMANSYAH, AQIL (2025) AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN PROPERTI PADA INSTAGRAM EMERALD LAND DEVELOPMENT (PERIODE JULI 2023 - JULI 2024). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)

Abstract

Low home ownership is a major problem in Indonesia. In Jakarta, only 56.13% of residents will own their own home by 2022. This figure is the lowest compared to other provinces. This shows that many people cannot afford to buy a house due to high prices or lack of information. Seeing these problems, marketing communication through social media such as Instagram becomes very crucial. Strategic project locations, especially those adjacent to the Jakarta City area, tend to have higher appeal. The closer the project is to the city center, the potential interest of potential customers on Instagram also increases. This study aims to analyze property marketing communication on Instagram @emerald.cilebut.epic, one of Emerald Land Development's projects. The research used a qualitative descriptive approach. Data were collected through interviews and observations. The results of this study indicate that Instagram @emerald.cilebut.epic has high user engagement in the city of Jakarta due to easy access to Jakarta and has advantages such as facilities in the cluster to public facilities available, and @emerald.cilebut.epic always provides attractive promos every month. Keywords: Marketing Communication, Social Media, Instagram, Property Rendahnya kepemilikan rumah jadi masalah utama di Indonesia. Di Jakarta, hanya 56,13% warganya yang punya rumah sendiri pada tahun 2022. Angka ini adalah yang paling rendah dibanding provinsi lain. Hal ini menunjukkan banyak masyarakat yang belum mampu membeli rumah karena harga yang tinggi atau kurangnya informasi. Melihat permasalahan tersebut, komunikasi pemasaran melalui media sosial seperti Instagram menjadi sangat krusial. Lokasi proyek yang strategis, khususnya yang berdekatan dengan wilayah Kota Jakarta, cenderung memiliki daya tarik lebih tinggi. Semakin dekat proyek dengan pusat kota, maka potensi ketertarikan calon konsumen pada Instagram juga semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan menganalisis komunikasi pemasaran properti pada Instagram @emerald.cilebut.epic, salah satu proyek Emerald Land Development. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Instagram @emerald.cilebut.epic memiliki engagement pengguna yang tinggi di Kota Jakarta disebabkan dengan mudahnya akses untuk ke Jakarta dan memiliki keunggulan seperti fasilitas dalam cluster hingga fasilitas umum yang tersedia, dan @emerald.cilebut.epic selalu memberikan promo yang menarik pada setiap bulannya. Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Instagram, Properti

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 25 061
NIM/NIDN Creators: 44322120016
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Instagram, Properti
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.94 Influence of Community and Housing/Pengaruh Komunitas dan Perumahan > 155.945 Housing/Perumahan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 20 Aug 2025 02:59
Last Modified: 20 Aug 2025 02:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96903

Actions (login required)

View Item View Item