AMALIA, ARINI (2025) PERAN STATUS URUTAN KELAHIRAN ANAK SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA PENGARUH PERSEPSI PENGHARAPAN ORANG TUA TERHADAP KETAKUTAN AKAN KEGAGALAN PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (914kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
Abstract
Thesis writing is often a major source of stress for final-year students, one of which may stem from the perception of parental expectations that can trigger fear of failure. This study aims to examine the effect of perceived parental expectations on fear of failure and explore the moderating role of birth order. This quantitative research involved 149 students currently writing their thesis, selected through purposive sampling. Instruments used include the Perception of Parental Expectations Inventory (PPEI) by Sasikala & Karunanidhi (2011) and the Performance Failure Appraisal Inventory (PFAI) by Conroy (2002). The findings reveal a significant effect of perceived parental expectations on fear of failure (B = 0.249, p = 0.000), with birth order also playing a significant moderating role (B = 0.098, p = 0.019). These results suggest that family dynamics, including one’s position in the birth order, may shape how students experience academic pressure during thesis completion. Keywords: parental expectation, fear of failure, birth order, thesis, student Penyusunan skripsi sering kali menjadi sumber tekanan bagi mahasiswa tingkat akhir, salah satunya disebabkan oleh persepsi terhadap harapan orangtua yang dapat memicu ketakutan akan kegagalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pengharapan orangtua terhadap ketakutan akan kegagalan, serta melihat peran status urutan kelahiran sebagai variabel moderator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 149 mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Instrumen yang digunakan adalah Perception of Parental Expectations Inventory (PPEI) oleh Sasikala & Karunanidhi (2011) dan Performance Failure Appraisal Inventory (PFAI) oleh Conroy (2002). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pengharapan orangtua berpengaruh signifikan terhadap ketakutan akan kegagalan (B = 0.249, p = 0.000), dan status urutan kelahiran juga berperan secara signifikan sebagai moderator dalam hubungan tersebut (B = 0.098, p = 0.019). Hasil ini menggambarkan bahwa dinamika dalam keluarga, termasuk posisi anak dalam urutan kelahiran, dapat memengaruhi cara mahasiswa menghadapi tekanan akademik saat menyusun skripsi. Kata kunci: persepsi pengharapan orangtua, ketakutan akan kegagalan, urutan kelahiran, mahasiswa, skripsi
Actions (login required)
![]() |
View Item |