"PERAN KEPEMIMPINAN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN STRATEGI PEMASARAN SOSIAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA BELI MASYARAKAT DAN MEMBANGUN BRAND IMAGE TERHADAP PRODUK UMKM HILWAH FOOD"

PUTRA, KRESNA RAKHA (2025) "PERAN KEPEMIMPINAN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN STRATEGI PEMASARAN SOSIAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA BELI MASYARAKAT DAN MEMBANGUN BRAND IMAGE TERHADAP PRODUK UMKM HILWAH FOOD". S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)

Abstract

In the increasingly developing digital era, social media has become the main means of building communication, forming brand image, and encouraging people's purchasing power. This study aims to analyze the role of leadership in implementing social media-based marketing strategies to improve the performance of MSMEs, especially Hilwah Food as the object of research. The method used in this project is a social media project approach by integrating content management, social media analytics, to strategic planning based on time schedules and division of work teams. Through platforms such as Instagram and TikTok, this activity focuses on increasing brand awareness, customer interaction (engagement), and sales conversion. Leadership is positioned as a central factor in time coordination, negotiation with partners, and strategic decision making based on data (metrics and KPI analysis). This project shows that effective leadership can strengthen the position of MSMEs in digital market competition through visual communication strategies, proper market segmentation, and sustainable customer relationship management. The project results show a significant increase in aspects of audience engagement, brand recognition, and strengthening the image of MSME Hilwah Food products on social media. Keywords Leadership, Social Media, Digital Marketing, Brand Image, MSME, Hilwah Food, Key Performance Indicator (KPI), Instagram, TikTok Dalam era digital yang kian berkembang, media sosial telah menjadi sarana utama dalam membangun komunikasi, membentuk citra merek (brand image), dan mendorong daya beli masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan dalam mengimplementasikan strategi pemasaran berbasis media sosial guna meningkatkan kinerja UMKM, khususnya Hilwah Food sebagai objek penelitian. Metode yang digunakan dalam proyek ini adalah pendekatan proyek sosial media dengan mengintegrasikan manajemen konten, analitik media sosial, hingga perencanaan strategis berbasis time schedule dan pembagian kerja tim. Melalui platform seperti Instagram dan TikTok, kegiatan ini fokus pada peningkatan brand awareness, interaksi pelanggan (engagement), dan konversi penjualan. Kepemimpinan diposisikan sebagai faktor sentral dalam koordinasi tim, negosiasi dengan mitra, dan pengambilan keputusan strategis yang berbasis data (metrics dan analisis KPI). Proyek ini menunjukkan bahwa kepemimpinan yang efektif dapat memperkuat posisi UMKM dalam kompetisi pasar digital melalui strategi komunikasi visual, segmentasi pasar yang tepat, serta pengelolaan hubungan pelanggan secara berkelanjutan. Hasil proyek menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek keterlibatan audiens, pengenalan merek, serta penguatan citra produk UMKM Hilwah Food di media sosial. Kata Kunci Kepemimpinan, Media Sosial, Pemasaran Digital, Brand Image, UMKM, Hilwah Food, Key Performance Indicator (KPI), Instagram, TikTok

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 25 173
NIM/NIDN Creators: 43121010408
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Media Sosial, Pemasaran Digital, Brand Image, UMKM, Hilwah Food, Key Performance Indicator (KPI), Instagram, TikTok
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 303 Social Process/Proses Sosial > 303.3 Coordination and Control/Koordinasi dan Kontrol > 303.34 Leadership/Kepemimpinan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.04 Management of Enterprises of Specific Forms/Pengelolaan Usaha dengan Bentuk Tertentu > 658.044 Unincorporated Business Enterprises/Badan Usaha Bukan Usaha
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 29 Jul 2025 05:56
Last Modified: 29 Jul 2025 05:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96356

Actions (login required)

View Item View Item